BINTAN TERKINI

Lapas Khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang Over Kapasitas, 1 Sel Diisi 100 Orang

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang di Kilometer 18, Kijang, Bintan kelebihan kapasitas. Satu sel diisi 100 orang.

Lapas Khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang Over Kapasitas, 1 Sel Diisi 100 Orang
TribunBatam.id/AlfandiSimamora
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas llA Tanjungpinang. Daya tampung di lapas ini melebihi kapasitas. 

BINTAN,TRIBUNBATAM.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang di Kilometer 18, Kijang, Bintan kelebihan kapasitas.

Kapasitas Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang hanya 600 orang, namun jumlah warga binaan atau narapidana yang menghuni Lapas Khusus Narkotika mencapai 867 orang.

"Jadi dalam satu kamar sel itu sekarang ini, kurang lebih berjumlah 100 orang. Namun kan kamar selnya masih tergolong luas," ucap Kalapas Narkotika Klas IIA Tanjungpinang, Wahyu, Minggu (9/2/2020).

Wahyu juga menuturkan, penambahan kamera pengawas (CCTv) juga sudah diusulkan di awal 2020.

Penambahan itu dilakukan karena masih minimnya CCTv di Lapas Khuuss Narkotika Klas IIA Tanjungpinang. Terlebih mengingat rawannya penyelundupan narkotika dan barang larangan masuk di lingkungan lapas.

Baik dari pengunjung yang masuk ke dalam lapas, maupun di seputaran lapas seperti yang baru terjadi di tahun 2019 sebelumnya ada orang tak dikenal melempar handphone dari pagar ke dalam lapas.

"Kamera CCTv yang kami butuhkan untuk mengawasi sejumlah titik di ruang tahanan 120 unit. Saat ini baru terpasang 9 unit saja. Oleh karena itu, kami ajukan penambahan lagi pada tahun ini," ungkapnya.

Selain kekurangan kamera CCTv untuk proses pengawasan, penjagaan lapas yang dipimpinnya juga jauh dari kata cukup.

Menurutnya, dengan jumlah 867 orang warga binaan, membutuhkan setidaknya 500 orang petugas jaga.

"Kalau sekarang petugas jaga jumlahnya sudah hampir 100 orang dan masih tergolong kurang. Namun kita juga sudah meminta untuk penambahan petugas jaga ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)," ucapnya.

Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu-Sabu Dalam Lapas

Halaman
1234
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved