BATAM TERKINI

Tetap Pungut Parkir di Luar Jamnya, Anggota Dewan Minta Dishub Batam Tertibkan Semua Jukir

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Rubina Situmorang meminta Dishub Kota Batam untuk menertibkan Juru Parkir (Jukir) yang ada di Kota Batam.

Tetap Pungut Parkir di Luar Jamnya, Anggota Dewan Minta Dishub Batam Tertibkan Semua Jukir
Tribunbatam/M Ikhwan
ilustrasi juru parkir. Seorang petugas parkir di Jalan Basuki Rahmat sedang mengatur kendaraan yang parkir dengan sistem paralel 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Rubina Situmorang meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam untuk menertibkan Juru Parkir (Jukir) yang ada di Kota Batam.

Pasalnya saat ini keberadaan Jukir di Kota Batam banyak yang tidak mengindahkan sesuai aturan yang ada. Salah satunya ialah banyak Jukir yang masih beraktifitas sudah melebihi ketentuan dan diduga setorannyapun untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam tidak jelas.

"Jadi terkait permintaan Pemko Batam untuk merevisi Perda drop off 15 menit itu saya tidak setuju. Yang harusnya Dishub itu membina dan menertibkan jukir liar yang banyak saat ini," ucap Rubina politisi Partai Hanura Batam, Kamis (20/2/2020).

Rubina mengatakan, jangan beralasan berkurangnya PAD Kota Batam dari retribusi parkir karena Perda drop off 15 menit. Menurutnya, alasan itu tidak tepat.







Drop off 15 menit itu adalah untuk membantu masyarakat. sebelum ada Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir. Di aturan itu, masyarakat masuk sebentar saja dan tanpa ada memakirkan kendaraan harus membayar uang parkir. Hal ini memberatkan masyarakat.

PAD parkir itu bukan hanya dari parkir khusus saja, tetapi ada lagi parkir umum. Jadi jangan membuat alasan kurangnya PAD parkir karena ada perda drop off.

JURU Parkir Liar Marak, Dishub Batam dan Tim Gabungan Gencarkan Razia di Sejumlah Tempat

WARGA Protes, Jalanan di Seipanas Batam Jadi Lokasi Parkir Mobil dan Motor

“Jika parkir umum dikelola dengan baik, maka PAD retribusi dari parkir pasti akan meningkat, tapi saat ini kita lihat di lapangan parkir umum itu tidak tentu arahan setorannya. Seperti parkir yang di pasar-pasar," ujarnya.

Menurutnya, sekarang ini yang harus dilakukan oleh Pemko Batam bukan mempermasalahkan drop off. Melainkan, mengelola titik parkir yang ada secara baik dan benar oleh Dishub.

"Titik parkir yang harus dibenahi sangat banyak. Salah satunya di Penuin. Di situ sangat banyak juru parkirnya, tapi setorannya seperti apa, pendapatan parkir di situ sangat besar dan setorannya harus jelas," bebernya.

Jam Kerja Jukir Mulai 6 Pagi Sampai 10 Malam

Halaman
1234
Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved