KARIMUN TERKINI

Ini Cara Unik Pengadilan Negeri Karimun Kurangi Berkumpul Cegah Covid-19 saat Sidang

Proses sidang di Pengadilan Negeri Karimun tetap digelar meski wabah virus Corona. Cara unik diterapkan untuk meminimalisir keramaian dan berkumpul.

Ini Cara Unik Pengadilan Negeri Karimun Kurangi Berkumpul Cegah Covid-19 saat Sidang
TribunBatam.id/Elhadif Putra
Sejumlah terdakwa mengikuti sidang dengan teleconference di Rutan Tanjungbalai Karimun, Kamis (26/3/2020). Proses sidang di Pengadilan Negeri Karimun tetap berjalan mengunakan teleconference. Ini dilakukan untuk mengurangi keramaian dan berkumpul mencegah penyebaran virus Corona. 

KARIMUN,TRIBUNBATAM.id - Proses sidang di Pengadilan Negeri Karimun tetap digelar meski wabah virus Corona.

Yang menarik, persidangan dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Menghindari keramaian sesuai instruksi pemerintah, proses sidang dilakukan menggunakan teleconference.

Pada persidangan tersebut, para terdakwa tidak dibawa ke Pengadilan Negeri Karimun. Mereka mengikuti persidangan di aula Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun.

Sementara majelis hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan kuasa hukum tetap hadir di ruang sidang Pengadilan Negeri Karimun.

Ruang sidang dihubungkan dengan Rutan Karimun menggunakan aplikasi zoom saat teleconference.

Baik di ruang sidang ataupun aula Rutan dilengkapi dengan komputer, kamera, infokus dan sebuah monitor besar.

Dengan cara tersebut persidangan tetap berjalan dengan baik. Majelis hakim, JPU serta kuasa hukum dapat bertatap muka dan berkomunikasi dengan para terdakwa.

Seorang jaksa Kejaksaan Negeri Karimun, Yogi Taufik mengatakan, sidang dengan teleconference berdasarkan instruksi dari Kajari Karimun, Rahmat Azhar.

"Kami sudah mulai sejak Senin kemarin. Untuk di Indonesia, Kejari Karimun yang melakukan sidang lewat teleconference pertama kali saat virus Corona ini mewabah. ," kata Yogi, Kamis (26/3/2020).

Namun sidang pada Kamis ini merupakan sidang terakhir, hingga dua pekan kedepan. Seluruh persidangan ditunda oleh Pengadilan Negeri Karimun.

"Semua ditunda akibat Covid-19 ini. Diharapkan dua pekan kedepan situasi baik dan bisa sidang sepeti biasa," harapnya.

BREAKING NEWS, Api Nyaris Hanguskan Ruko dan Kelenteng di Pasar Berdikari Kijang Bintan

Arti Mitos Kedutan di Dagu, Benarkah Pertanda adanya Sebuah Tanggung Jawab Baru? Ini Penjelesannya

 

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Dody Naksabani membenarkan para terdakwa tetap menjalani sidang di dalam rutan.

"Kami mendukung. Kami hanya menyediakan tempat dan fasilitas teleconference. Kebetulan kita miliki fasilitasnya di aula," kata Dody.(TribunBatam.id/Elhadif Putra)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved