SISWA BATAM BELAJAR DI RUMAH

Siswa Belajar di Rumah, Guru di Batam Terapkan Berbagai Metode Mengajar, Diantaranya e-Learning

Berbagai metode mengajar diterapkan guru semenjak kegiatan belajar mengajar di sekolah tak berlangsung tatap muka, tetapi dilaksanakan di rumah

Tribun Batam/Alvin Lamaberaf
ilustrasi siswa belajar. Pemko Batam memperpanjang waktu siswa belajar di rumah secara online hingga 13 April 2020. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Terhitung sudah hampir dua pekan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah PAUD, TK, SD, SMP dan SMA dilaksanakan dari rumah. Mekanisme pembelajaran jarak jauh ini umumnya dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi e-learning atau grup whatsapp.

Para guru dapat berkoordinasi dengan orangtua murid melalui grup paguyuban via whatsapp untuk memantau perkembangan pembelajaran anak. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem ini adalah SDN 006, Sekupang, Batam.

Sesuai dengan himbauan penerapan belajar di rumah dari Pemerintah Kota, para guru mulai memberikan tugas-tugas dan soal ulangan melalui daring. Salah satu guru SDN 006 Sekupang, Syarifah, mengungkapkan, bahwa pemberian tugas melalui website e-learning bisa menjadi salah satu cara.

"Kadang-kadang lewat chatroom di e-learning, bisa juga kita kirimkan soal-soal via online, nanti di-print sama murid, dan jawabannya difoto," ujar Syarifah saat dihubungi Tribunbatam.id, pada Jumat (27/3/2020).

Untuk saat ini, KBM yang dilaksanakan secara daring berfokus pada pemberian tugas dan soal-soal. Sedangkan untuk proses pengajaran, guru-guru di SDN 006 sudah menerapkan pembelajaran via video call. Meski demikian, karena keterbatasan perangkat, murid-murid yang bergabung dalam video chat tersebut hanya berkisar 5-6 orang.

Catat! Pelayanan Bank di Bandara Hang Nadim Batam Ditutup Sementara, Dialihkan ke Unit Terdekat

Kegiatan belajar di rumah kali ini direncanakan akan diperpanjang dari 31 Maret hingga 13 April mendatang. Ditanyai perihal kemungkinan perpanjangan KBM di rumah tersebut, Syarifah mengaku belum mendapat arahan langsung dari Kepala Sekolah.

"Belum ada agenda pastinya besok tetap belajar di rumah atau tidak. Sebab majelis guru belum rapat. Mungkin rapatnya akan dimulai besok Sabtu," ungkapnya.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved