KARIMUN TERKINI

Tergantung Penilaian Pusat, Plt Gubernur Kepri Tunggu Surat Pemkab Karimun Soal Pintu Masuk TKI

Plt Gubernur Kepri Isdianto menunggu surat dari Pemkab Karimun. Ia siap membantu bila Karimun dijadikan satu-satunya pintu masuk TKI ke Indonesia.

TribunBatam.id/EndraKaputra
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto 

KARIMUN,TRIBUNBATAM.id - Dipilihnya Kabupaten Karimun sebagai pintu masuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) satu-satunya ke Indonesia tergantung penilaian pemerintah pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, sampai saat ini, Kabupaten Karimun baru menjadi pintu masuk TKI asal Kepri dan beberapa wilayah Sumatra.

"Kalau dalam pembahasan rapat kami kemarin, khusus Karimun untuk pintu masuk wilayah Sumatra. Cuma Karimun dijadikan pintu untuk wilayah Jawa itu yang kemarin belum. Saya kira itu ada penilaian lain dari pemerintah pusat," kata Isdianto usai penyerahan bantuan APD, rapid tes dan vitamin di RSUD Muhamad Sani Kabupaten Karimun, Jumat (27/3/2020).

Isdianto meminta agar Bupati Karimun Aunur Rafiq dapat mengirimkan surat terkait keberatannya, termasuk apabila ada penolakan dari masyarakat.

"Nanti kami coba bantu untuk menyampaikan ke pemerintah pusat. Saya menunggu surat dari Bupati untuk meluruskan hal ini," ujar Isdianto.

Isdianto menyampaikan, penetapan Kabupaten Karimun sebagai pintu masuk wilayah Sumatera karena para TKI dapat langsung menyambung kapal ke Sumatra.

"Karena masuk wilayah sumatera, gampang menuju Dumai dan Bengkalis. Jadi sampai disini langsung diberangkatkan kesana. Nanti sampai di dumai itu pasti ada ke Padang ke Medan atau ke daerah lain. Jadi kemarin kita sependapat menjadikan ini untuk masuk wilayah Sumatra," ungkapnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq meminta pertimbangan pemerintah pusat terkait menjadikan Kabupaten Karimun sebagai satu-satunya pintu masuk TKI ke Indonesia.

Rafiq mengakui, Kabupaten Karimun tidak akan mampu menjadi penampung datangnya seluruh TKI.

"Apabila itu dilakukan maka kita tidak akan mampu," ungkap Rafiq.

Namun apabila sebagai pintu masuk bagi TKI asal Kepulauan Riau dan Sumatra saja, menurut Rafiq, pelabuhan di Kabupaten Karimun masih mampu untuk menampungnya.

Halaman
123
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved