Breaking News:

VIRU CORONA DI KARIMUN

Sepi Penumpang, Operator Feri di Karimun Terpaksa Kurangi Frekuensi Pelayaran Akibat Covid-19

Dampak virus Corona kian dirasakan operator feri di Karimun, Provinsi Kepri. Mereka mengurangi frekuensi pelayaran untuk efesiensi operasional.

TribunBatam.id/Elhadif Putra
Para penumpang yang baru turun di Pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun, Minggu (5/4/2020). Jumlah penumpang menurun tajam sehingga operator kapal mengurangi jumlah pelayaran akibat dampak virus Corona. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Jumlah pelayaran kapal dari Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepri berkurang. Hal ini disebabkan jumlah penumpang yang menurun drastis akibat pandemi Covid-19.

Bahkan sejumlah feri tujuan Puteri Harbour Malaysia dan Singapura dari Pelabuhan Tanjungbalai Karimun sudah tidak berlayar lagi.

Saat ini kapal feri internasional yang berlayar hanyalah rute Tanjungbalai Karimun-Kukup Malaysia.

Pada Minggu (5/4/2020), kapal yang berlayar hanya satu trip saja, yakni Oceana Dragon 12, dengan jumlah penumpang dari Kukup sebanyak 70 orang.

Hal yang sama juga dialami operator kapal feri domestik. Dimana satu operator kapal yang biasanya berangkat hingga enam trip untuk rute Tanjungbalai Karimun-Batam, saat ini hanya berlayar sebanyak dua trip saja.

Jadwal keberangkatannya pun tidak dapat dipastikan. Operator kapal terpaksa mengumpulkan terlebih dahulu para penumpang dan baru diberangkatkan jika sudah berjumlah agak banyak.

"Tidak tentu jadwalnya sekarang. Kapal ngumpulkan orang dulu baru berangkat. Memang orang lagi sepi, tidak mau kemana-mana dulu," kata sumber seorang petugas di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Dari data yang diperoleh, kapal ferry MV Oceana rute Tanjungbalai Karimun-Harbourbay Batam hanya berangkat dua kapal, yaitu pada pukul 09.15 WIB dan 15.15 WIB. Padahal biasanya MV Oceana beraggkat setiap dua jam sekali.

Kemudian Ferry MV Miko Natalia tujuan Sekupang Batam berangkat pada pukul 07.30 WIB dan 15.15 WIB. Lalu ferry Dumai Ekspress atau Dumai Line berangkat menuju Sekupang pada pukul 07.30 WIB dan 13.00 WIB.

"Itu pun penumpang tidak banyak. Tadi Dumai cuma 20-an orang saja," ujar petugas tersebut.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved