Breaking News:

TRIBUN WIKI

Perang Badar, Pertempuran Pertama Umat Islam Melawan Musuhnya di Bulan Ramadhan

Perang Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.Perang ini terjadi pada 17 Ramadan 2 H (13 Maret 624).

IST
Ilustrasi Perang Badar 

TRIBUNBATAM.id - Perang Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada 17 Ramadan 2 H (13 Maret 624).

Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang.

Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.   

Penyebab

Ada beberapa penyebab Perang Badar yang sangat mendasar, seperti sering adanya teror, penindasan dan perampasan rumah serta harta, bahkan hingga terjadinya pengusiran Kaum Muslimin di wilayah tersebut (Kota Mekkah).

Selain itu, kaum Quraisy juga mendzalimi, menyiksa dan merebut barang dagangan kaum muslimin, sehingga Perang Badar ini terjadi untuk memberikan pelajaran atau pembalasan terhadap kaum Quraisy atas kekejamannya dan mengembalikan harta benda milik kaum muslim.

Pernah suatu ketika, seorang anak muda Quraisy melemparkan kotoran kepada Rasulullah SAW.

Saat tiba di rumah anak perempuannya yang masih kecil yaitu Fatimah Azahra, melihat ayahnya yang berlumuran kotoran, Ia pun menangis.

Sesegera mungkin Nabi berusaha menenangkan gadis kesayangannya tersebut, dan Rasulullah pun berkata, “Jangan menangis gadis kecilku, karena Allah akan melindungi ayahmu”. 

Halaman
1234
Penulis: Widi Wahyuning Tyas
Editor: Eko Setiawan
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved