Breaking News:

TIKTOK

Berita Viral Terbaru: Video TikTok Jangan Berkumur Setelah Sikat Gigi, Simak Penjelasan Dokter

Berita viral terbaru yakni video TikTok berisi tentang informasi bahwa berkumur setelah sikat gigi bukan langkah yang benar.

(Twitter/@profatitties)
Tangkapan layar video untuk tidak melakukan kumur setelah sikat gigi 

TRIBUNBATAM.id - Berita viral terbaru yakni video TikTok  berisi tentang informasi bahwa berkumur setelah sikat gigi bukan langkah yang benar.

Video Tiktok tentang berkumur setelah sikat gigi beredar di media sosial.

Dalam video berita viral terbaru itu, dinarasikan langkah-langkah menggosok gigi yang sering dilakukan selama ini beserta klaim bahwa setelah sikat gigi tidak dianjurkan untuk berkumur. 

"Gunakan pasta gigi hanya sebesar kacang kedelai untuk dewasa. Menyikat gigi. Setelah sikat gigi, kalian pasti langsung kumur kan?? Ternyata itu salah!! Yang benar itu...Tidak boleh kumur!! Diludahin aja pasta giginya, lalu, bilas bibir menggunakan air," demikian teks yang terlihat pada video yang beredar.

Hingga Senin (15/6/2020) pukul 08.00 WIB, unggahan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak lebih dari 6.000 kali.

Berbagai respons pun disampaikan oleh warganet dalam balasan terhadap unggahan ini:

"Hah? Terus ditelen aja sisa pasta giginya?!" tulis akun @rehuellahangela.

"Ga juga sih. Tapi emang abis sikat gigi jangan langsung dikumur, didiemin dulu di dalem mulut beberapa saat baru kumur", tulis akun @parlinurtani.

Benarkah narasi yang disampaikan dalam video tersebut?

Penjelasan dokter gigi

Ilustrasi sikat gigiShutterstock Ilustrasi sikat gigi

Untuk mengklarifikasi informasi yang beredar tersebut, Kompas.com menghubungi seorang dokter gigi yang membuka praktik di kawasan Jakarta Selatan, drg. Sabai Asmaraghrya.

Menurut dokter Sabai, memang lebih baik untuk tidak berkumur setelah sikat gigi. Apa alasannya?

"Jadi sebetulnya, kenapa lebih baik untuk tidak berkumur setelah sikat gigi adalah agar fluoride yang terkandung di pasta gigi lebih menempel di gigi dan tidak ikut terbuang," kata Sabai, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Apa manfaat fluoride bagi gigi? 

Melansir mouthhealthy.org, fluoride bisa jadi "pahlawan" bagi gigi. Ketika air liur mengandung fluoride dari sumber-sumber seperti pasta gigi atau air, gigi dapat menyerapnya.

Nah, ketika fluoride masuk ke enamel atau lapisan email gigi, fluoride akan bekerja sama dengan kalsium dan fosfat  untuk menciptakan sistem pertahanan paling kuat yang harus dimiliki gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved