Breaking News:

PILKADA BINTAN

Bawaslu Ingatkan Petahana, Larang Melantik Pejabat 6 Bulan Sebelum Penetapan Paslon Pilkada Bintan

Ia berharap, Pemkab Bintan berkoordinasi dengan Bawaslu Bintan jika melantik atau merotasi pejabat setelah dizinkan Mendagri.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Bupati Bintan, Apri Sujadi berswafoto bersama sejumlah PNS yang baru dilantik di Kantor Bupati Bintan, Kamis (12/3/2020). Bawaslu Bintan mengingatkan petahana agar tidak melantik pejabat 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon. 

TRIBUNBINTAN.id, BINTAN - Tahapan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Bintan pada 23 September 2020 menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Bintan.

Ini penting karena 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon hingga berakhirnya masa jabatan, petahana dilarang melantik atau merubah jabatan tanpa seizin Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ).

Tidak hanya untuk pejabat definitif, pelantikan Pelaksana tugas (Plt) diakui Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata juga berlaku bagi petahana yang berniat maju kembali di Pilkada Kepri ini.

"Kecuali dalam mengisi jabatan yang kosong. Misalnya jabatan kosong karena jabatan sebelumnya pensiun atau meninggal dunia, itu dapat diisi tanpa mekanisme izin dari Mendagri," ujarnya, Minggu (5/7/2020).

Ia berharap, Pemkab Bintan berkoordinasi dengan Bawaslu Bintan jika melantik atau merotasi pejabat setelah dizinkan Mendagri.

“Kami berharap seperti itu. Sebab ini menjadi tugas pengawasan kami," ucapnya.

Pemilih Pemula di Kabupaten Bintan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan terus mengejar pengurusan KTP-el bagi warganya yang akan masuk usia 17 tahun atau pemula di Kabupaten Bintan.

"Hal itu kita lakukan selain untuk mendukung pelaksanaan Pilkada tahun 2020, juga untuk pemula yang hendak melanjutkan sekolah ataupun bekerja bisa memiliki identitas e-KTP," kata Kepala Dinas Kependudukan Bintan, Ismail, Minggu (05/7/2020).

Pelaksaan Pilkada serentak akan berlangsung 9 Desember 2020.

Halaman
1234
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved