Breaking News:

WISATA BINTAN

Berada di Lepas Pantai, Resor di Bintan Ini Tawarkan Pemandangan Gugusan Kelong Apung

Wisatawan banyak datang ke tempat ini karena senang dengan suasana tenang dan pemandangan hamparan laut dengan gugusan kelong-kelong apung

Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Istimewa
Wisata Kelong di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Tempat ini bisa jadi pilihan berlibur di akhir pekan. Sebelum ada Covid-19, banyak wisman datang ke sini 

Editor:  Dewi Haryati

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Ingin berlibur ke Bintan Kepri? Wisata Resort Kelong Nelayan hut bisa jadi satu di antara pilihannya.

Tempat wisata ini berada di lepas pantai Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Kepri.

Waktu tempuhnya dari darat lebih kurang 8 menit dengan menggunakan perahu atau speedboat.

Pengelola Resort kelong nelayan hut, Aznan menuturkan, kelong nelayan hut sudah dibangun sekitar 3 tahun.

Tempat inipun banyak didatangi para wisatawan dari Singapura dan mancanegara kala itu, sebelum ada pandemi Covid-19.

Alasan wisatawan berkunjung ke tempat mereka salah satunya karena merasa senang dengan suasana tenang dan pemandangan hamparan laut dengan gugusan Kelong Kelong Apung di lepas pantai.

"Para turis biasanya menginap 1 (satu) hingga 2 (dua) malam saat akhir pekan," ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Aznan juga menuturkan, Resort kelong nelayan hut ini merupakan pariwisata berbasis masyarakat.

"Hal ini merupakan salah satu usaha para nelayan guna menggerakkan ekonomi lokal," tuturnya.

 Aunur Rafiq Tepis Isu Pisah dengan Anwar Hasyim di Pilkada Karimun, Saya Sudah Cocok dengan Beliau

 Persoalan Sampah Rumah Tangga di Anambas Belum Juga Tuntas, Berikut Kendala yang Dihadapi OPD

Wisata Kelong di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.
Wisata Kelong di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. (TribunBatam.id/Istimewa)

Aznan juga membeberkan, bahwa untuk menarik wisatawan untuk berlibur ketempat mereka, sekarang Resort nelayan hut punya sebuah cottage diberi nama Ecobrick dengan konsep yang ramah lingkungan.

Salah satunya dengan keunikan menggunakan properti hasil daur ulang sampah plastik dan botol dengan balcony yang menghadap ke laut Cina Selatan.

Saat ini kelong Nelayan Hut juga sedang ada paket buat wisatawan lokal hanya dengan membayar 350 Rupiah per orang dengan minimal 5 orang maksimal 30 orang bisa dapat menikmati berbagai fasilitas.

Wisata Resort Kelong Nelayan Hut di lepas pantai Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.
Wisata Resort Kelong Nelayan Hut di lepas pantai Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. (TribunBatam.id/Istimewa)

Yakni antar jemput transportasi laut dari darat ke Teluk Bakau, Akomodasi, Makan Malam Barbeque, sarapan Pagi dan gratis berenang, peralatan snoerkling, mancing.

"Kedepannya kami juga akan terus berinovasi dan menjadikan tempat ini lebih menarik dengan mempersiapkan beberapa program lainnya seperti Coral Conservation, "Dive Centre. Sebab Bintan memiliki potensi ini yang belum di garap secara optimal," terangnya.

Wisata Resort Kelong Nelayan Hut di lepas pantai Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.
Wisata Resort Kelong Nelayan Hut di lepas pantai Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. (TribunBatam.id/Istimewa)

Ketua ASITA Tanjungpinang- Bintan, Sapril Sembiring saat di jumpai di resort ini mengatakan, bahwa destinasi atau Resort kelong Wisata ini harus terus didukung.

Sapril juga menambahkan, pihaknya akan membantu mempromosi kan paket paket wisata yang dikelola oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Ini destinasi yang unik dan menarik kombinasi antara kearifan lokal dan misi menyampaikan pesan agar kita terus menjaga lingkungan.Membatasi penggunaan plastik dan pastinya tidak membuang sampah sampah plastik ke laut.

"Pariwisata berbasis masyarakat seperti ini harus kita bantu untuk tumbuh dan berkembang. Kita juga ingin potensi lokal ini menjadi daya tarik unggulan di Bintan.

Aneka kemasan paket paket wisata menarik di sini bisa di konsultasikan dengan dirinya yang sudah memiliki pengalaman mengelolah Pariwisata puluhan tahun lamanya," ucapnya.(TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved