Breaking News:

PILWAKO BATAM

Petahana Wali Kota Maju di Pilkada Batam, Kapan Cutinya? Ini Penjelasan Bawaslu

Petahana yang ikut mencalonkan diri di pilkada, harus cuti selama 71 hari masa kampanye

TRIBUNBATAM/ALFANDI
Komisioner Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk. Ia memberikan penjelasan kapan petahana harus cuti dari jabatannya untuk ikut pilkada 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Wali Kota Batam HM Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dipastikan maju pada pemilihan wali kota (pilwako) Batam, Desember mendatang.

Menurut Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Mangihut Rajagukguk mengatakan, petahana yang akan maju pada Pilkada 2020 harus cuti selama masa kampanye, yakni selama 71 hari.

Atau saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, harus sudah cuti pada saat itu juga.

"Petahana harus cuti di luar tanggungan negara. Artinya selama 71 hari dalam masa kampanye ini harus cuti," ujar Mangihut, Jumat (14/8/2020).

Dengan demikian, lanjut dia, perlu ada pelaksana tugas (Plt) kepala daerah untuk masing-masing daerah yang pemimpinnya menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini.

 Lawan Polisi Pakai Senpi, 2 Pria Diduga Pengedar Sabu Kini Ditangani Ditreskrimum Polda Kepri

 KABAR GEMBIRA! Kini di Kantor Imigrasi Batam Ada Ruang Prioritas, tak Perlu Ambil Nomor Antre

Masa cuti petahana yakni mulai 26 September-5 Desember 2020.

"Pada 23 September penetapan pasangan calon, lalu 26 September mulai masa kampanye hingga 5 Desember. Itulah maka petahana harus cuti," ucap Mangihut.

Mantan komisioner KPU Batam ini juga mengingatkan soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak memberikan kebijakan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Pilkada Batam

Pilkada Batam 2020 nampaknya hanya akan diikuti dua pasangan kontestan yakni Muhammad Rudi-Amsakar Achmad vs Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid Has.

Halaman
123
Penulis: Filemon Halawa
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved