Breaking News:

Mengulik Batam yang Katanya Surga Ponsel BM, Masuk dari Singapura Nyamar Pakai Istilah Second Ori

Sejumlah masyarakat melaporkan masih bisa membeli ponsel BM, dan masih bisa terhubung dengan sinyal operator seluler di Indonesia

TRIBUNBATAM.id/EKO SETIAWAN
Ilustrasi. Lanal Batam saat mengamankan kapal pembawa handphone ilegal di Perairan Selat Singapura, Selasa (16/10/2018) malam sekitar jam 20.30 WIB. 

Mengulik Batam yang Katanya Surga Ponsel BM, Masuk dari Singapura Nyamar Pakai Istilah Second Ori

TRIBUNBATAMN.id - Sejak belasan tahun lalu Kota Batam yang menjadi wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dikenal dengan "kebebasannya".

Kebebasan yang dimaksud di sini adalah, banyaknya produk-produk dari luar Indonesia yang bebas diperjualbelikan di Batam tanpa terkena pajak.

Bea Cukai Aneh ke Bos PS Store Putra Siregar: Semua dari Batam, Pembantu Rumah Tangga Pun Tahu

Secara geografis Batam yang sangat dekat dengan sejumlah negara, sebut saja Singapura dan Malaysia, menjadi perlintasan sibuk aktivitas ekonomi banyak negara.

Istilah "Barang Batam" juga kerap ditemui di sejumlah pasar Tanah Air.

Ditreskrimsus Polda Kepri Masih Periksa Saksi Terkait Kasus Ribuan Unit HP Black Market di Batam

Istilah itu bisa bermakna bahwa benda-benda yang dijual adalah impor dari Singapura yang masuk dari Batam, tetapi berharga miring karena tak bayar pajak.

Pengungkapan kasus ribuan handphone black market oleh Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri, beberapa waktu lalu. Saat ini polisi masih memeriksa saksi-saksi
Pengungkapan kasus ribuan handphone black market oleh Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri, beberapa waktu lalu. Saat ini polisi masih memeriksa saksi-saksi (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA)

Makna "Barang Batam" juga bisa bermakna negatif, yakni benda yang dijual ilegal atau diselundupkan dari Batam.

Benarkan "Barang Batam" Aman

Peneraapan aturan blokir ponsel black market (BM) lewat IMEI (International Mobile Equipment Identity) per 18 April 2020 lalu oleh pemerintah, ternyata belum berjalan maksimal di Batam.

Sejumlah masyarakat melaporkan mereka masih bisa membeli ponsel BM, dan masih bisa terhubung dengan sinyal operator seluler di Indonesia.

PEMILIK Gudang Ponsel Black Market di Lucky Plaza Kabur, Disperindag Batam Beri Waktu 3 X 24 Jam

Halaman
1234
Penulis: Azmi S
Editor: Azmi S
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved