Breaking News:

KASUS KORUPSI DI BATAM

Banyak ASN Pemko Dijerat Kasus Korupsi di Batam, Wawako: Kita sudah Lakukan Pembenahan

Penyaluran insentif telah diupayakan melalui transfer langsung ke rekening penerima.Cara ini untuk mengantisipasi penyelewengan oleh oknum ASN

TRIBUNBATAM.ID/HENING SEKAR UTAMI
PEMBENAHAN-Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembenahan di Pemko Batam menyikapi adanya ASN yang tersangkut kasus korupsi. Namun dari semua pegawai di Pemko Batam, pihaknya tak bisa menjamin semuanya taat hukum 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kasus korupsi yang melibatkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Batam, mendorong pemerintah daerah melakukan pembenahan di lingkup internal.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, pembenahan itu sejatinya telah diterapkan sejak lama seiring dengan beragam perubahan dalam sistem kerja pemerintahan.

"Sebenarnya melalui sistem, semua sudah kami benahi," ungkap Amsakar, pada Rabu (16/9/2020).

Salah satu upaya pembenahan dapat dilihat dari perubahan tata kelola pelayanan memakai prinsip digitalisasi, seperti pembayaran pajak, retribusi yang menggunakan sistem transfer.

Selain itu, Amsakar menggambarkan, penyaluran insentif bagi perangkat daerah juga telah diupayakan melalui transfer langsung ke rekening penerima.

Wali Kota Batam Tunjuk Demi Asfinul Nasution Jadi Pelaksana Tugas Kabag Hukum Pemko Batam

Pemko Batam Tak Berikan Bantuan Hukum kepada Kabag Hukum Sutjahjo Hari Murti

Hal ini diterapkan guna mencegah terjadinya penyelewengan oleh oknum ASN.

"Kita sudah sediakan, ada namanya mal pelayanan publik, e-recruitment, lelang elektronik. Intinya seluruh transfer daerah itu tidak ada namanya membawa duit mentah," jelas Amsakar.

Meski demikian, berkaca pada kasus gratifikasi yang menjerat Kepala Bagian Hukum, Pemko Batam, Sutjahjo Hari Murti, Amsakar mengaku pada kenyataannya dari sekitar 12 ribu orang pegawai ASN, pasti lah ada satu atau dua orang yang tidak mengikuti aturan.

"Siapa yang bisa menjamin? Sedangkan ibaratnya, kelapa dalam satu tandan itu pasti ada yang bengkok-bengkok," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved