Breaking News:

PILKADA BATAM

Pilkada Batam - HM Rudi Tak Jadi Cuti Kepala BP Batam, Ini Dasar KPU dan Jawaban Rudi

Ketua KPU Batam, Herrigen bilang, berdasarkan aturan, BP Batam bukan BUMN atau BUMD. Karena itu, Kepala BP Batam, HM Rudi bukan pejabat negara

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/HENING SEKAR UTAMI
TETAP KERJA - Pasangan calon Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad, diwawancarai di Hotel Harris, Batam Center usai pencabutan nomor urut paslon, Kamis (24/9/2020). Rudi yang juga Kepala BP Batam, bilang, meski tak cuti Kepala BP Batam, kegiatan kampanyenya tak akan menganggu kinerjanya di BP Batam. Ia tetap kerja 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam tidak diwajibkan cuti dalam rangka kampanye Pilkada Batam 2020 mendatang. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Herrigen Agusti, pada Kamis (24/9/2020).

Diwawancarai via sambungan telepon, Herrigen menjelaskan, sejak Juli 2020 lalu, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi telah mengajukan surat permohonan cuti dalam rangka kampanye Pilkada 2020.

Surat itu dikirimkan melalui KPU Provinsi Kepri, kemudian diteruskan kepada KPU RI. Sekitar dua hari yang lalu, surat tersebut mendapatkan balasan dari KPU RI.

Berdasarkan telaah lebih lanjut mengenai status BP Batam menurut aturan perundang-undangan yang ada, Herrigen mengatakan, BP Batam bukan termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"BP Batam ini merupakan Badan Layanan Umum, maka Kepala BP Batam bukan merupakan pejabat negara," jelas Herrigen.

BERITA POPULER di Batam Hari Ini, Alasan Warga Ogah Pakai Masker hingga Soal Cuti Kepala BP Batam

Maka dari itu, sesuai peraturan KPU, Kepala BP Batam tidak diwajibkan cuti di luar tanggungan negara, dan tetap bertugas sebagai Kepala BP Batam selama masa kampanye Pilkada 2020.

"Demikian hasil jawaban KPU RI atas surat permohonan cuti yang telah diajukan," tutup Herrigen.

Sementara itu, ditemui di perkampungan Tanjunggundap, Tembesi, Kota Batam, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tak banyak berkomentar soal status cuti dirinya sebagai Kepala BP Batam.

Ia hanya menambahkan, kendati tidak mengambil cuti, namun kegiatan kampanye selama tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020, tidak akan mengganggu kinerjanya di BP Batam.

"Nggak ganggu kerja lah. Kerja dari pagi sampai pukul 4 sore, lalu pukul 4 sore seterusnya baru kampanye," ungkap Rudi.

Sebelumnya diberitakan, jabatan Kepala Badan Pengusahaan (BP)  Batam yang dijabat oleh Wali Kota  Batam, HM Rudi mendapat sorotan jelang Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2020.

Hal ini terkait cuti bagi kepala daerah yang akan ikut pilkada tahun ini.

Pasalnya, Kepala BP Batam bukanlah jabatan politis seperti Wali Kota Batam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved