Breaking News:

PILKADA BATAM

Bawaslu Tangani 21 Kasus Dugaan Pelanggaran Pilkada Batam, Sisa Empat Kasus Lagi

Masih ada empat kasus dugaan pelanggaran Pilkada Batam yang ditangani Bawaslu. Satu di antaranya dialamatkan ke KPU Batam

Penulis: | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Istimewa
BAWASLU BATAM - Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajagukguk. Bawaslu Batam tangani 21 kasus dugaan pelanggaran Pilkada Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam mencatat ada 21 kasus dugaan pelanggaran Pilkada Batam.

Komisioner Bawaslu Batam Mengihut Rajagukguk mengatakan, data itu dihimpun selama tahapan Pilkada Batam mulai dari proses kampanye hingga pencoblosan.

"Masyarakat yang melapor ke kami jumlahnya 16 laporan. Temuan kami ada lima dugaan pelanggaran. Jadi total seluruhnya adalah 21 kasus, laporan dan temuan," kata Mangihut, Rabu (16/12/2020).

Mangihut mengatakan, dari 21 kasus dugaan pelanggaran ini, masih ada sisa empat kasus yang sedang proses ditangani.

Termasuk laporan warga bernama Fisman F Gea, yang melaporkan KPU Batam ke Bawaslu Batam.

Baca juga: DIDUGA Lakukan Pelanggaran Pidana, Bawaslu Batam Periksa 5 Komisioner KPU 

"Ya, ada empat on proses. Tahapannya, kami terima laporan atau temuan, lalu diplenokan bersama Gakkumdu. Di situ nanti ditentukan, apakah terjadi pelanggaran atau tidak," ujar Mangihut.

Lima Komisioner KPU Batam Diperiksa Bawaslu

Sebelumnya diberitakan, lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam, Senin (14/12/2020).

Komisioner Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk mengatakan, lima komisioner KPU Batam yang diperiksa itu yakni Nofrizal, Herrigen Agusti, Martius, William Seipattiratu dan Jernih Millyati Siregar.

Tak hanya lima komisioner KPU Batam, namun Sekretaris KPU Batam dan beberapa staf KPU Batam juga turut diperiksa.

"Kamarin itu kita mulai pemeriksaan dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Ya, terkait laporan masyarakat adanya dugaan pelanggaran Pemilukada yang telah digelar, Rabu, 9 Desember 2020 lalu," ujar Mangihut kepada TribunBatam.id, Selasa (15/12/2020).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved