Breaking News:

Kursi Idham Azis di Trunojoyo Akan Diserahkan ke Sosok Ini: Pak Jokowi Sreg Sama Dia

Lima calon Kapolri penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis seluruhnya menyandang jenderal bintang tiga

Penulis: Aminudin | Editor: Aminudin
KOMPAS.com/Alsadad Rudi
Lima nama calon kapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono (kiri atas), Komjen Listyo Sigit Prabowo (atas tengah), Komjen Arief Sulistyanto (atas kanan), Boy Rafly Amar (kiri bawah), dan Komjen Agus Andrianto (kanan bawah). 

TRIBUNBATAM.id - Kursi Kapolri di Markas Besar (Mabes) Kepolisian RI di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, tidak lama lagi akan diduduki sosok baru.

Kapolri saat ini Jenderal Idham Azis sebentar lagi pensiun. Lantas, siapa yang akan duduk di kursi Polri I pasca Idham Azis

Sejauh ini, nama-nama calon Kapolri sudah banyak bersileweran di publik.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengaku dari lima nama yang diusulkan oleh  Kompolnas semuanya  telah memenuhi kriteria untuk jadi Kapolri.

Secara teknis dan syarat administratif sudah melalui proses yang akuntabel sesuai ketentuan undang-undang.

Dari lima nama yang diterima Presiden, hanya ada satu nama yang akan dikirim ke DPR untuk mengikuti fit and proper test.

Sosok tersebut menurut Umbas memiliki kedekatan emosional dengan Presiden, bertangan dingin dan profesional dalam bekerja.

“Pak Jokowi kan selalu lihat rekam jejak. Beliau butuh figur yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta teruji dalam menangani berbagai masalah. Lebih dari itu tentu loyalitas yang tinggi. Sosok ini pernah mendapatkan tugas khusus beliau dan mampu memenuhi harapan,” ujar Umbas.

Lalu siapa calon yang dimaksud? 

Umbas mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menyebutkan.

”Kan proses normatif harus dihormati. Namun sebagai pendukung pak Jokowi, kami tetap akan dukung penuh siapapun yang beliau pilih. Apalagi ada banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Kapolri baru,” tukasnya.

Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional ( Kompolnas) telah menyerahkan lima nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo sejak Kamis (7/1/2021).

Ketua  Kompolnas Mahfud MD memaparkan kelima calon penerus kepemimpinan Jenderal Pol Idham Azis, seluruhnya menyandang jenderal bintang tiga.

"Ini lima nama komjen pol (bintang tiga) yang diajukan kepada Presiden oleh  Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri," ujar Mahfud dikutip dari akun twitternya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved