Breaking News:

KEPRI TERKINI

Pemprov Kepri Serahkan Vaksin Corona untuk Batam, Tanjungpinang dan Bintan Hari Ini

Tiga daerah di Kepri, seperti Batam, Tanjungpinang dan Bintan akan mendapat vaksin Covid-19 dari Pemprov Kepri hari ini, Rabu (13/1) di Tanjungpinang

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Suasana belasan ribu vaksin Corona yang berada di dalam empat mobil box akan diserahkan Pemprov Kepri untuk tiga Kabupaten/Kota di Kepri, Rabu (13/1/2021). Di antaranya untuk Batam, Tanjungpinang dan Bintan 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemprov Kepri serahkan vaksin Corona untuk Batam, Tanjungpinang dan Bintan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau ( Kepri) akan menyerahkan vaksin Corona untuk tiga daerah di Kepri. Di antaranya Tanjungpinang, Batam, dan Bintan, Rabu (13/1/2021).

Rinciannya untuk Tanjungpinang akan mendapatkan vaksin Corona sebanyak 5.880, Batam 11.120 vaksin, dan Bintan 2.680 vaksin Covid-19.

Penyerahan vaksin Covid-19 akan dilakukan di Gedung Daerah Pemprov Kepri di kawasan Tepi Laut, Tanjungpinang.

Pantauan Tribunbatam.id, sebanyak empat mobil box kecil yang mengangkut vaksin Covid-19 telah tiba di Gedung Daerah pukul 09.15 Wib.

Baca juga: LIVE STREAMING Detik-detik Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Hari Ini Rabu Pukul 10.00 WIB

Kedatangan vaksin Corona ini tetap mendapat pengawalan ketat dari pihak TNI-POLRI. Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando juga terlihat ikut dalam rombongan iring-iringan.

Nantinya penyerahan vaksin ke tiga Kabupaten/Kota ini akan diserahkan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah.

Dilakukan secara Simbolis

Sementara itu, vaksinasi covid-19 akan dilakukan secara simbolis, Jumat (15/1/2021) mendatang di Batam.

Sebelumnya,  vaksinasi itu direncanakan bakal digelar Kamis (14/1/2021). 

"Hal ini dikarenakan karena petunjuknya Jakarta dilakukan 13, Provinsi 14, Kabupaten Kota 15," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (12/1/2021).

Vaksin akan tiba di Batam Rabu (12/1/2020) dan dijemput di Pelabuhan Punggur bersama Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid dikawal oleh TNI dan Polri.

"Mobilnya itu mobil box yang ada pendinginnya. Ada 7000 dosis vaksin yang akan diberikan kepada kita," katanya.

Didi mengakui tempat penyimpanan direncanakan disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Batam, Sekupang. Jika vaksin tak muat, akan di simpan ke tempat lainnya.

"Akan kita sesuaikan lagi. Di BTKL juga tak besar," katanya.

Diakuinya hingga saat ini pihaknya mengaku siap untuk menerima kedatangan vaksin. Mulai dari tenaga kesehatan (nakes), tempat penyimpanan dan lainnya.

Baca juga: DAFTAR Riwayat Kontak 14 Pasien Covid-19 di Batam Minggu 10 Januari 2021

Untuk vaksinasi secara simbolis ini, lanjutnya, akan diberikan kepada 20 orang. Diantaranya Forkompinda, Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam, Sekda Kota Batam, tokoh agama, organisasi seperti Kadin atau APINDO. 

"Kita tak boleh kasi data namanya," ujar Didi.

Diakuinya, usai penyuntikkan vaksin, masyarakat harus istirahat selama kurang lebih 15 menit. Karena efek cepatnya itu sesudah 20 menit. Pihaknya telah menyiapkan tempat duduk untuk beristirahat.

"Berdasarkan juknisnya itu kita harus siapkan 4 station. Pertama pendaftaran, kedua screening, ketiga suntik, keempat istirahat. Nah peserta 20 orang ini sudah kita screening. Kita isi datanya juga. Jadi meja pertama kita skip saja. Screening nanti kasar saja. Bisa dibilang pengulangan saja. Seperti cek tensi ulang, suhunya lalu ditanyakan ada gejala atau tidak," paparnya.

Didi menegaskan orang pertama yang akan disuntik adalah Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Namun orang kedua masih belum ditentukan. 

(Tribunbatam.id/Endra Kaputra/Roma Uly Sianturi)

*Baca Juga Berita TRIBUNBATAM.id Lainnya di Google News
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved