Breaking News:

PILKADA BINTAN

Sah, KPU Bintan Tetapkan Apri Sujadi-Roby Kurniawan Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

KPU Bintan menetapkan Apri Sujadi dan Roby Kurniawan jadi Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih hasil Pilkada Serentak 2020

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Suasana saat Ketua KPU Bintan Ervina Sari dan jajarannya menyerahkan berita acara kepada Bupati Bintan terpilih Apri Sujadi, Jumat (22/1/2021) 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan menetapkan Apri Sujadi dan Roby Kurniawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih pada Pilkada Bintan 2020.

Ketua KPU Bintan, Ervina Sari menuturkan, penetapan pasangan calon terpilih nomor urut 01 ini ditetapkan setelah KPU Bintan menerima salinan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia dari KPU RI.

Dengan adanya salinan itu, pihak KPU Bintan sudah bisa melaksanakan pleno terbuka untuk menetapkan paslon Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih.

Pasalnya, dalam salinan itu, untuk pemilihan calon Bupati dan wakil Bupati Bintan, tidak ada gugatan perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Maka dari itu kita bisa melaksanakan pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Bintan terpilih," kata Ervina, saat menggelar rapat pleno terbuka, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: KPU Gelar Pleno, Penetapan Abdul Haris-Wan Zuhendra Jadi Bupati & Wakil Bupati Anambas Terpilih

Diketahui, dari hasil rekapitulasi suara Pilkada Bintan 2020, Apri-Roby memperoleh suara 49.855 atau 60,37 persen dan rivalnya Alias Wello-Dalmasri Syam yang hanya memperoleh 32.717 suara atau 39,63 persen.

Masyarakat Bintan yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 86.708 suara, dengan suara sah sebanyak 82.572 dan suara tidak sah sebanyak 4.136.

"Dengan hasil ini kita menetapkan pasangan calon nomor urur 01 sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bintan terpilih," terangnya.

Ervina menambahkan, setelah Bupati dan Wakil Bupati Bintan 2021-2024 ditetapkan, pihaknya juga menyerahkan penandatanganan berita acara dan pembacaan surat keputusan Ketua KPU Bintan kepada DPRD Bintan. Kemudian kedua paslon, gabungan partai pengusung kedua paslon, KPU Kepri dan Bawaslu Bintan.

Pleno Digelar Jumat

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved