Breaking News:

Sejarah dan Makna Cogan Sebagai Alat Kebesaran Kerajaan Johor Riau

Cogan jadi salah satu alat kebesaran atau regalia yang pernah dimiliki oleh Kerajaan Johor, Riau, Lingga, dan Pahang

TRIBUN BATAM / MUHAMMAD ILHAM
Bentuk replika Cogan di Khazanah Riau Lingga, Museum Batam Raja Ali Haji, Dataran Engku Putri, Batam Center, Kepulauan Riau, Minggu (31/1/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Cogan jadi salah satu alat kebesaran atau regalia yang pernah dimiliki oleh Kerajaan Johor, Riau, Lingga, dan Pahang.

Namun tahukah, alat kebesaran ini dianggap sangat penting dalam upacara penabalan seorang sultan. Bahkan, sebuah cogan mampu melambangkan legitimasi suatu periode kesultanan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardwinata mengatakan, Melayu memiliki cerita sejarah yang menarik untuk dipelajari.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong di Batam Akhir Pekan, Paling Seru dan Cocok Tempat Acara Ulang Tahun

Salah satunya tentang cogan, yang merupakan alat kebesaran Kerajaan Johor, Riau, Lingga, dan Pahang. Ardi mengajak para generasi muda mengenal peninggalan budaya.

"Cogan itu adalah regalia, regalia itukan alat-alat kebesaran kerajaan, yang megang regalia Cogan adalah Engku Hamidah merupakan anak sultan, dan yang megang Cogan itulah penabalan raja, apabila Cogan dikeluarkan dan ditabalkan itulah yang menjadi sultan. Keluarnya tak sembarangan, " katanya Ardi kepada Tribunbatam.id, di Muesum Batam Raja Ali Haji, Dataran Engku Putri, Minggu (31/01/2021)

Menurutnya, mungkin regalia berupa cogan jarang didengar, namun tak ada salahnya kembali mengingatkan tentang sejarah Cogan kepada generasi milenial Kota Batam,

Di Kota Batam, terdapat replika cogan, tepatnya di halaman luar Museum Batam Raja Ali Haji. masyarakat dapat melihatnya dan mengabadikan lewat kamera smartphone.

Baca juga: Salah Satu Lokasi Banyak Dikunjungi, Ternyata Fakta Sejarah Daerah Jodoh Batam Menyimpan Kenangan

Pihaknya akan senantiasa menjunjung tinggi kebudayaan Melayu dengan mengenalkan, merawat warisan budaya di tanah bumi Melayu.

Tak hanya itu kini informasi tentang cogan bisa didapatkan di Museum Batam Raja Ali Haji yang berlokasi di Dataran Engku Putri, Batam Centre. Pengunjung dapat melihat replika cogan pada khazanah Kerajaan Riau Lingga.

"Bagi adik-adik yang ingin mengetahui tentang Budaya Melayu bisa mengunjungi Kantor Disbudpar Kota Batam atau bisa berkunjung ke Museum Batam Raja Ali Haji," terangnya.

Halaman
123
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved