Breaking News:

BATAM TERKINI

Ramai Soal Penarikan Sertifikat Tanah, BPN Batam Ungkap Fakta Sebenarnya, Siap Jadi Pilot Project 

Kementerian ATR/BPN mengeluarkan kebijakan untuk mengganti sertifikat tanah berbentuk kertas menjadi elektronik. Batam siap menjadi pilot project.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Layanan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam. BPN Batam siap menjadi pilot project penerapan sertifikat elektronik. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kementerian ATR/BPN mengeluarkan kebijakan untuk mengganti sertifikat tanah berbentuk kertas menjadi elektronik.

Sehingga nantinya masyarakat bisa mencetak sendiri sertifikat tanah

"Mungkin sebutannya bukan ditarik. Kalau sudah diterapkan nanti yang fisik ini bisa diganti elektronik. Tapi kami masih tunggu penetapan BPN yang ditunjuk untuk pilot project penerapan sertifikat elektronik ini," ujar Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam, Memby Untung Pratama, Rabu (3/2/2021).

Beberapa hari lalu, kata dia, memang ramai informasi terkait penarikan sertifikat fisik milik masyarakat.

Namun, maksudnya seperti itu. Pemerintah memberikan kesempatan kepada pemilik sertifikat berupa kertas untuk berganti dengan yang elektronik.

"Warga tidak usah khawatir terkait informasi penarikan tersebut. Karena yang benar adalah berganti menjadi elektronik," katanya.

Ia mengatakan pihaknya masih menunggu penetapan kantor yang akan ditunjuk untuk menerapkan sertifkat elektronik ini.

BPN Batam sendiri siap dan mendukung terlaksananya sertifikat elektronik ini.

Dalam hal ini, ia berharap bisa menjadi kantor percontohan untuk proyek sertifikat elektronik ini. Apalagi Batam memiliki sistem yang sangat mendukung dan siap menjalankan penerbitan sertifkat elektronik ini.

"Saat ini seluruh pengurusan sertifikat masih menggunakan prosedur yang lama. Dan dikeluarkan dalam bentuk fisik. Pelayanan juga sudah banyak yang online, sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan," imbuhnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved