Breaking News:

KULINER INDONESIA

Kuliner Asli Indonesia, Ini Sejarah dan Cara Memasak Lemang yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara menyantap lemang, bagi yang suka manis, lemang dapat dimakan bersama tape ketan. Sedangkan bagi yang menyukai cita rasa asing

Editor:
ist
ilsutrasi lemang 

TRIBUNBATAM.id -  Umumnya masyarakat Indonesia, yang namanya kuliner lemang hal yang tak asing lagi. Sekedar tahu, Lemang adalah panganan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan bambu sebagai wadahnya dan dibakar.

Lemang biasanya menjadi santapan khas ramadan dan hari raya bagi masyarakat Melayu. Atau bahkan masyarakat Indonesia yang tersebar di Pulau Sumatra, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya.

Rahasia Cara Memasak Lemang Bambu yang Lezat

Ada beberapa cara menyantap lemang, bagi yang suka manis, lemang dapat dimakan bersama tape ketan. Sedangkan bagi yang menyukai cita rasa asin, lemang dapat disantap bersama rendang.

Lemang dalam masyarakat Dayak dikenal sebagai makanan pesta adat. Namun di luar hari Lebaran, makanan ini juga dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Lemang dapat ditemukan di beberapa wilayah di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Sajikan Bersama Lemang dan Ketupat Pulut, Cicipi Menu Terlezat di Durian Umayya Batam

Sejarah

Sejarah lemang berawal dari tanah Minang ketika Syekh Burhanuddin, ulama asal Pariaman melakukan perjalanan ke daerah pesisir Minangkabau untuk menyiarkan agama Islam.

Menurut Tambo (kisah yang meriwayatkan tentang asal usul dan kejadian masa lalu yang terjadi di Minangkabau), saat itu Syekh Burhanuddin rajin berkunjung ke rumah-rumah penduduk untuk bersilaturahmi dan menyiarkan agama Islam.

Oleh warga, beliau sering disuguhi makanan.

Namun, sepertinya Syekh Burhanuddin agak meragukan kehalalan makanan yang dihidangkan.

Kuliner Gonggong Batam Diprediksi Paling Diincar Penggemar Tahun 2021

Halaman
123
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved