Breaking News:

Presiden China Xi Jinping Melunak, Konfrontasi dengan Amerika Serikat Jadi Bencana Besar

Di tengah ketegangan Amerika Serikat dengan China, Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping.

Nikkei Asia
Xi Jinping dan Joe Biden 

TRIBUNBATAM.id - Di tengah ketegangan Amerika Serikat dengan China, Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping.

Inilah pembicaraan perdana antara Joe Biden sebagai Presiden AS dengan Xi Jinping.

Tensi Amerika Serikat dengan China akhir-akhir ini memanas menyusul konflik Laut China Selatan dan sektor perdagangan.

Amerika Serikat juga ikut campur polemik antara China dengan Taiwan.

Mengutip Channel News Asia, Joe Biden danXi Jinping membahas tentang perdagangan dan tindakan keras Beijing terhadap aktivis demokrasi di Hong Kong serta masalah hak asasi manusia lainnya.

Kedua pemimpin itu berbicara hanya beberapa jam setelah Biden mengumumkan rencana satuan tugas Pentagon untuk meninjau strategi keamanan nasional AS di China.

Dan, setelah pengumuman Biden tentang langkahnya akan menjatuhkan sanksi terhadap rezim militer Myanmar menyusul kudeta 1 Februari di negara Asia Tenggara itu.

Nyali Xi Jinping Ciut, CHINA Dikepung, Panik Minta Kawan Negara ASEAN di Laut China Selatan

Gedung Putih dalam sebuah pernyataan mengatakan, Biden menyuarakan kekhawatiran tentang "praktik ekonomi yang memaksa dan tidak adil" oleh China

Biden juga menekan Xi atas tindakan keras Beijing di Hong Kong, pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur dan etnis minoritas di Provinsi Xinjiang, dan tindakan terhadap Taiwan. 

Biden menggunakan tiga minggu pertamanya di Gedung Putih untuk melakukan beberapa panggilan telepon dengan para pemimpin negara lain di kawasan Indo-Pasifik. 

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved