Breaking News:

TRIBUN WIKI

Cara Daftar Sertifikat Tanah Elektronik, Sudah Mulai Berlaku

Inilah cara daftar sertifikat tanah elektronik, sudah mulai berlaku. turan itu termuat dalam Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 1 Tahun 2021.

SETPRES/AGUS SUPARTO
SERTIFIKAT ELEKTRONIK - Inilah cara daftar sertifikat tanah elektronik, sudah mulai berlaku. FOTO: Presiden Jokowi memegang sertifikat tanah konvensional di Istana Negara 

TRIBUNBATAM.id - Inilah cara daftar sertifikat tanah elektronik, sudah mulai berlaku.

Peraturan tentang sertifikat tanah elektronik kini sudah mulai diberlakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN).

Aturan itu termuat dalam Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik.

Kini, masyarakat tak lagi membutuhkan sertifikat fisik secara konvensional.

"Dengan peraturan ini, maka pelaksanaan pendaftaran tanah yang sebelumnya dilakukan secara konvensional dapat dilakukan secara elektronik, baik itu pendaftaran tanah pertama kali maupun pemeliharaan data," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati.

Nantinya, hasil pendaftaran tanah secara elektronik ini akan berupa data, informasi elektronik dan atau dokumen elektronik.

Lantas, bagaimana cara mendaftar sertifikat tanah elektronik?

Baca juga: REKRUTMEN Dibuka! Begini Cara Daftar Tamtama TNI AD 2021, Minimal Lulusan SMP

Baca juga: SEGERA DIBUKA Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

Baca juga: BEGINI Cara Daftar Kartu Kendali, Syarat Beli Premium Mobil di Batam, Hanya Tersedia 123.153 Kartu

Datang ke kantor BPN

SERTIFIKAT TANAH - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum menerima sertifikat tanah milik Pemerintah Kota (Pemko) Batam dari Badan Pertanahan Nasional (BPN)
SERTIFIKAT TANAH - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum menerima sertifikat tanah milik Pemerintah Kota (Pemko) Batam dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA HUMAS PEMKO BATAM)

Staf Khusus Menteri ATR/BPN Bidang Kelembagaan Teuku Taufiqulhadi mengatakan, pendaftaran sertifikat tanah elektronik sementara ini masih sama dengan sebelumnya.

"Sama dengan sebelumnya, sementara memang harus ke kantor BPN karena dokumen-dokumen yang tidak bisa di-send harus diserahkan melalui loket," kata Taufiq kepada Kompas.com, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, penerbitan sertifikat elektronik (ser-el) ini dalam ada dua bentuk, yaitu untuk pendaftaran pertama kali dan penggantian sertifikat untuk tanah yang sudah terdaftar.

Halaman
123
Editor: Widi Wahyuning Tyas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved