Breaking News:

BATAM TERKINI

20 Sekolah Batam Dijadikan Percontohan yang Fokus Hasilkan Siswa Kompeten dan Berkarakter

Pemko Batam akan membuat sekolah percontohan di Batam yang bisa menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dan berkarakter.

TRIBUNBATAM.id/ICHWAN NURFADILLAH
Nurita sedang mengajar siswa di pulau yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemko Batam akan membuat sekolah percontohan di Batam yang bisa menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dan berkarakter. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan, mengatakan untuk 2021 ini sekolah di Batam dijadikan percontohan program Sekolah Penggerak.

Adapun sekolah yang menjadi percontohan sebanyak 20 sekolah. Diantaranya dua TK, tujuh SD, lima SMP, empat SMA, dua SLB dan 51 sekolah yang ikut sosialisasi Sekolah Penggerak.
"Mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan lancar," ujar Hendri, Selasa (16/2/2021).

Ia mengatakan dalam sosialisasi yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, Senin (15/2) program tersebut bertujuan untuk menggerakkan sekolah lain agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing sekolah.

Baca juga: 20 Sekolah di Batam Bakal Jadi Percontohan Program Sekolah Penggerak 

"Tujuan akhir yang diharapkan Mendikbud RI, semua sekolah menjadi Sekolah Penggerak. Dari jumlah sekolah yang akan menjadi percontohan, akan dilakukan seleksi untuk menerapkan program nasional di Kota Batam," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakni terkait Sekolah Penggerak. Bahkan, tahun ini, ada 20 sekolah di Batam yang dijadikan percontohan.

Pihaknya berkomitmen untuk membuat kebijakan di tingkat daerah dan menyediakan anggaran untuk sekolah dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk mendukung program Pemerintah Pusat.

"Kita berharap, dengan adanya program tersebut, dapat meningkatkan kompetensi SDM dan layanan pendidikan di Batam," ujarnya.

Untuk diketahui, program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Baca juga: Guru PNS Jarang Datang, Kepala Sekolah Malah Pecat Guru Honorer yang 11 Tahun Mengabdi

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved