Breaking News:

CUACA KEPRI HARI INI

CUACA Lingga Hari Ini, BMKG Prediksi Cerah, 'Waspada Potensi Karhutla'

BMKG Kelas III Dabo memprediksi cuaca Lingga hari ini, Kamis (18/2/2021). Mereka meminta warga untuk waspada karhutla.

TribunBatam.id/Febriyuanda
CUACA Lingga Hari Ini, BMKG Prediksi Cerah, Waspada Potensi Karhutla. Foto Kondisi di perairan Desa Jagoh, Penuba, Desa Sungai Buluh dan sekitarnya. Foto diambil belum lama ini. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Berikut prakiraan cuaca Lingga hari ini, Kamis (18/2/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Kelas III Dabo memprediksi cuaca Lingga hari ini, khususnya di Kepulauan Lingga maupun Kepulauan Singkep dan sekitarnya berpotensi cerah.

Kondisi ini diprediksi akan berlangsung sejak pagi dan malam hari.

Kepala BMKG Kelas III Dabo, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan arah angin di sebagian besar wilayah Lingga berhembus dari Utara - Timur Laut.

Dengan kecepatan angin 05-27 kilometer (km) per jam dan gelombang laut sedang, dengan ketinggian 1,25 sampai 2,50 Meter (m).

"Untuk arus permukaan laut menuju tenggara-selatan, yakni 05-45 centimeter (cm) per detik," kata Sahat Mauli Pasaribu kepada TribunBatam.id.

Sementara di perairan Selat Berhala, arah angin dari utara-timur laut, yakni dengan kecepatan angin 05-20 km/jam dan tinggi gelombang rendah, yakni 0,50 sampai 1,25 m.

Salah satu Sanggar di Kabupaten Lingga. Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat yang menampilkan teater bangsawan Melayu.
Salah satu Sanggar di Kabupaten Lingga. Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat yang menampilkan teater bangsawan Melayu. (TribunBatam.id/Istimewa)

Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, untuk wilayah Kepulauan Singkep, Kepulauan Daik dan sekitarnya sangat mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

"Waspada permukaan tanah kering (rumput dan ilalang mudah terbakar, disertai angin kencang," imbau Sahat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas atau Plt Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengimbau kepada seluruh warga Lingga, agar bisa menjauhi serta melarang hal yang bisa memicu penyebab terjadinya karhutla.

Halaman
1234
Penulis: Febriyuanda
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved