Breaking News:

LINGGA TERKINI

Bupati Lingga Muhammad Nizar Ajak Warga Tak Bakar Sampah Sembarangan, Cegah Karhutla

Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, sudah beberapa minggu ini Kabupaten Lingga tidak diguyur hujan dan ada beberapa titik kebakaran terjadi

tribunbatam.id/Febriyuanda
Foto Bupati Lingga, Muhammad Nizar. Bupati Lingga Muhammad Nizar Ajak Warga Tak Bakar Sampah Sembarangan, Cegah Karhutla 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Lingga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mewaspadai api pada musim kemarau.

Pasalnya bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Karena itu, Pemkab Lingga bersama instansi terkait mengimbau warga agar bisa menjauhi dan melarang hal yang bisa memicu terjadinya karhutla. Mengingat kondisi cuaca Lingga yang kering dan berangin kencang saat ini.

"Demi rasa aman dan nyaman buat kita semua khususnya masyarakat yang memiliki lahan, baik itu perkebunan atau pertanian, agar tidak melakukan pembakaran lahan," kata Bupati Lingga, Muhammad Nizar kepada TribunBatam.id, Senin (1/3/2021).

"Ini kan sudah masuk kemarau, sudah beberapa minggu Kabupaten Lingga dalam kondisi tidak turun hujan dan ada beberapa titik Lingga terjadi kebakaran," katanya.

Nizar meminta warga untuk menjaga tempatnya masing-masing. Selain itu tidak membakar sampah sembarangan atau membuang puntung rokok sembarangan.

Khususnya bagi pemilik lahan yang bepergian ke kebun, ia berpesan agar selalu mengawasi tindakannya membersihkan kebun, apalagi sampai menggunakan api.

"Kalau memang terpaksa harus membakar sampah di kebun tolong diperhatikan baik-baik. Tunggu apinya benar-benar padam agar tak meresahkan masyarakat sekitar," kata Nizar.

Nizar mengatakan, ia telah berkoordinasi kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga maupun Polres Lingga terkait pembangunan posko antisipasi Karhutla.

Sebelumnya, Nizar juga meminta kepada aparatur, mulai dari RT/RW, Kepala desa/lurah serta camat se-Kabupaten Lingga, agar melakukan tindakan preventif (pencegahan) untuk melarang kegiatan pembukaan lahan atau pembersihan lahan dengan cara dibakar.

Halaman
1234
Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved