Breaking News:

BATAM TERKINI

Ditpolairud Polda Kepri Tangkap PMI Bawa 2 Kg Sabu dari Malaysia, Dijanjikan Rp 17 Juta

Tersangka Jln (37) dibekuk di Pasar Baru, Kecamatan Bintan Utara. Dalam prakteknya, ia baru diberi uang tiket dan makan sebesar 200 ringgit.

TribunBatam.id/Bereslumbantobing
Ditpolairud Polda Kepri Tangkap PMI Bawa 2 Kg Sabu dari Malaysia, Dijanjikan Rp 17 Juta. Foto personel Ditpolairud Polda Kepri menangkap tersangka berinisial Jln bersama barang bukti narkotika sabu-sabu 2.051 Kilogram. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tersangka Jln (37), Pekerja Migran Indonesia atau PMI yang ditangkap Tim Opsnal Ditpolairud Polda Kepri di Pasar Baru, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (24/2/2021) memunculkan fakta baru.

PMI yang dideportasi dari Malaysia ini dijanjikan upah Rp 17 juta, demi menyelundupkan sabu-sabu seberat 2.051 Kilogram.

Dirpolairud Polda Kepri melalui Kasubdit Gakkum AKBP Nurochman Nulhakim yang ditemui di dermaga Ditpolairud Polda Kepri mengungkap, dari hasil penyidikan sementara, tersangka berstatus kurir.

Dikatakannya modus kurir kerap dijadikan pengedar sabu kepada setiap PMI yang akan pulang lewat jalur tidak resmi alias ilegal.

Pemulangan pekerja migran alias TKI menjadi akal bulus jaringan narkotika internasional memasukan barang haram ke Kepri.

Ditpolairud Polda Kepri mengamankan tersangka JLN bersama barang bukti narkotika sabu, Rabu (24/2/2021)
Ditpolairud Polda Kepri mengamankan tersangka JLN bersama barang bukti narkotika sabu, Rabu (24/2/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

"Tersangka dijadikan kurir untuk membawa barang tersebut ke pulau Bintan," ungkapnya, Selasa (2/3/2021).

AKBP Nurochman Nulhakim menambahkan, tersangka mengaku baru menerima uang tiket dan uang makan sebesar 200 ringgit Malaysia.

Ia menerangkan singkat penangkapan itu bermula saat unit 1 Subditgakkum dengan menggunakan Kapal Patroli XXXI-1010 Ditpolairud Polda Kepri bersama KP 2004 melakukan penyelidikan di perairan Bintan dan sekitarnya.

Dari situ, tim mendapat informasi akan adanya penyeludupan narkotika jenis sabu oleh seseorang dari negara Malaysia.

Penyelundup itu, lanjut dia menerangkan modus pelaku menjadi tenaga kerja ilegal yang masuk dari Pantai Air Tawar Johor ke Indonesia melalui perairan Bintan.

Baca juga: Sabu 3 Kg Nyaris Beredar di Batam, Ditpolairud Polda Kepri Bekuk 2 Tersangka, Sebut Asal Malaysia

Halaman
12
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved