Breaking News:

BATAM TERKINI

BEGINI Cara dan Syarat Urus Sertifikat Halal Usaha di Batam

Bagi pelaku usaha di Batam yang akan melakukan pegurusan sertifikat halal, berikut ini sejumlah syarat dan cara mengurusnya.

tribunnews batam/alvin
Ilustrasi sertifikat halal. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bagi pelaku usaha di Batam yang akan melakukan pegurusan sertifikat halal, bisa langsung mendatangi petugas pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kemenag Batam di Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Kemenag Batam, Zulkarnain Umar mengatakan, pendaftaran sudah dibuka. 

"Datang saja langsung ke kantor Kemenag Sekupang, bawa persyaratannya, nanti akan diverifikasi petugas,” ujar Zulkarnain, Jumat (05/03/2021).

Penerbitan sertifikat halal nantinya akan dikeluarkan oleh Kemenag Wilayah Kepri. 

"Kita hanya membantu pendaftaran berkas warga. Selanjutnya berkas itu nanti akan diteruskan ke provinsi untuk selanjutnya diproses," ucapnya.

Menurutnya, sertifikat halal merupakan kewenangan provinsi, pihaknya hanya rekomendasikan melaui pendaftaran yang dilakukan pelaku usaha.

Nantinya Kanwil pronvinsi bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang akan memprosesnya.

Penerbitan sertifikat itu memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja. Hal ini sesuai dengan target pelayanan publik lainnya. 

"Tapi kalau tidak ada kendala, bisa jadi dipercepat," ujarnya.

Baca juga: 174 Warga Batam Kena Demam Berdarah Dengue (DBD) Sepanjang 2021

Ia berharap dengan ada pelayanan ini, para pelaku usaha semakin mudah mengurus sertifikat halal. Karena label halal menurutnya satu faktor penting sebelum produk diedarkan.

Halaman
12
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved