Breaking News:

Marak Karhutla, Ini Sanksi Pidana Bakar Lahan Kata Kanit Binmas Polsek Bintan Timur

Kanit Binmas Polsek Bintan Timur Iptu Susetyo bilang, pelaku pembakaran hutan dan lahan bisa disanksi 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 M

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Suasana saat Kanit Binmas Polsek Bintan Timur memberikan imbauan tentang karhutla kepada warga Kelurahan Sungai Enam, Kamis (11/3/2021) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kian marak di wilayah Bintan memasuki musim kemarau.

Baik itu kasus karhutla yang disebabkan karena cuaca terlalu panas atau pun karena ulah manusia.

Terkait maraknya kasus karhutla ini, Kanit Binmas Polsek Bintan Timur Iptu Susetyo bersama Bhabinkamtibmas memberikan imbauan kepada warga Kelurahan Sungai Enam Kecamatan Bintan Timur, Kamis (11/3/2021).

Warga diingatkan agar tidak membersihkan atau membuka lahan dengan cara membakar lahan.

"Karena bisa berdampak ke lingkungan yang merusak alam dan dapat menimbulkan polusi udara yang dapat mengganggu pernapasan maupun aktivitas masyarakat lainnya," kata Kanit Binmas Polsek Bintan Timur Iptu Susetyo.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando bersama Dan Wing Udara I Tanjungpinang, Kolonel (L) Imam Syafi'i melaksanakan patroli udara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanjungpinang, Senin (1/3/2021)
Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando bersama Dan Wing Udara I Tanjungpinang, Kolonel (L) Imam Syafi'i melaksanakan patroli udara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di wilayah Tanjungpinang, Senin (1/3/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

Susetyo mewanti-wanti warga, jangan pernah berani mencoba-coba membuka lahan dengan cara membakar. Karena dapat menimbulkan kebakaran yang sangat dasyat.

"Tidak hanya itu, para pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat dikenakan hukuman kurungan selama 10 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar berdasarkan UU no 32 tahun 2009 pasal 108," ucapnya.

Susetyo berharap warga Bintan, khususnya warga Kelurahan Sungai Enam dapat mengerti dan tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Saat ini Bintan memasuki musim kemarau. Sangat mudah terjadi kebakaran," katanya.

10 Hektare Lahan Terbakar Dekat Pertamina Tanjunguban

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved