Breaking News:

Anwar Ibrahim dan UMNO, Mungkinkah Skenario Perkawinan Partai Politik Ini Terjadi?

Dunia perpolitikan Malaysia yang tak terduga dan rawan berubah sewaktu-waktu berpotensi menghadirkan kejutan terbaru. 

twitter/anwaribrahim/kredit foto Keow Wee Leong
Pemimpin Oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim 

TRIBUNBATAM.id, PETALING JAYA - Dunia perpolitikan Malaysia yang tak terduga dan rawan berubah sewaktu-waktu berpotensi menghadirkan kejutan terbaru. 

Walaupun belum terwujud, skenario politik ini telah menggegerkan rakyat Malaysia. Anwar Ibrahim sekali lagi menunjukkan fleksibilitasnya dalam berpolitik. 

Pemimpin oposisi Pakatan Harapan itu awal pekan ini mengonfirmasi kebenaran rumor politik yang berseliweran kencang, bahwa dia sedang menjajaki kerja sama politik dengan partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) pada pemilihan umum (pemilu) mendatang. 

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) itu menyampaikan, penjajakan masih sebatas diskusi. Belum ada kesepakatan konkrit antara dua partai politik yang berlawanan kutub politik tersebut. 

Dari lawan menjadi kawan politik?

Pendekatan politik yang dilakukan Anwar terhadap UMNO mulai tercium, setelah dia mengeklaim mayoritas parlemen yang kuat dan meyakinkan pada September tahun lalu. 

Fraksi yang dipimpin Presiden UMNO Zahid Hamidi dan mantan Perdana Menteri Najib Razak disebut-sebut memberikan dukungan kepada Anwar, untuk menjadi orang nomor satu Malaysia

Namun dukungan tersebut terbentur karena resistensi dari internal UMNO

Salah satu alasan utama penolakan adalah ideologi politik yang sangat kontras antara UMNO yang berideologi nasionalisme Melayu, dan partai-partai komponen Pakatan Harapan terutama Partai Aksi Demokratik (DAP).

Bukan rahasia lagi jika UMNO selalu menjadikan DAP yang identik sebagai partai yang didukung etnis China di Malaysia sebagai bulan-bulanan politik. 

Baca juga: Tepis Semua Teori Konspirasi, WHO Akhirnya Ungkap Hasil Investigasi Asal Mula Covid-19

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved