Breaking News:

Korea Utara Tutup Kedutaan di Malaysia, Diplomatnya Langsung Pulang Kampung

Korea Utara resmi menutup Kedutaan Besar mereka di Malaysia karena menuding negeri Jira itu berpihak ke AS, para diplomatnya langsung pulang kampung

Editor: Mairi Nandarson
AFP/SAZALI AHMAD
Kantor Kedutaan Besar Korea Utara di Malaysia resmi ditutup Minggu, 21 Maret 2021 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Korea Utara secara resmi menutup Kedutaan Besar mereka di Kuala Lumpur, Malaysia, mulai Minggu (21/3/2021).

Para Diplomat Korea Utara di Malaysia pun bersiap untuk pulang ke negara mereka dengan ditutupnya kantor kedutaan tersebut di Malaysia, Minggu (21/3/2021).

Penutupan Kedutaan Besar Korea Utara dilakukan setelah Pyongyang memutus hubungan diplomatiknya dengan Malaysia pada Jumat (19/3/2021).

Pemutusan hubungan diplomatik dilakukan Korea Utara buntut dari kasus ekstradisi seorang warga Korea Utara ke Amerika Serikat (AS).

Korut menyebut ekstradisi itu kejahatan yang tak bisa diampuni, yang dilakukan di bawah ketaatan buta pada tekanan Amerika. 

Malaysia sebenarnya adalah satu dari segelintir sekutu Korea Utara, tetapi hubungan mereka menegang setelah saudara tiri Kim Jong Un dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada 2017.

Baca juga: Nekat Nonton Drakor di Korea Utara, Siap-siap Penjara 15 Tahun, Orangtua juga Ikut Dihukum

Baca juga: Kim Jong Un Menangis Ceritakan Kesulitan Korea Utara, Karena Sanksi, Pandemi Hingga Bencana Alam

Mun Chol Myong, warga Korut yang diekstradisi ke "Negeri Paman Sam", menghadapi tuduhan pencucian uang karena diduga mengekspor barang terlarang ke Korea Utara dan itu melanggar sanksi.

Setelah Pyongyang memutuskan hubungan, Malaysia memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Korea Utara untuk meninggalkan "Negeri Jiran".

AFP melaporkan, hari ini bendera Korea Utara dan sebuah plakat diturunkan dari bangunan kedutaan negara, yang berupa rumah besar di kawasan elite Kuala Lumpur. Gerbangnya pun dirantai. 

Sebelum angkat kaki, kuasa hukum Korea Utara, Kim Yu Song, menuduh Malaysia berpihak ke Washington dalam konspirasi melawan Pyongyang, dan melakukan tindakan permusuhan besar-besaran.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved