Breaking News:

Kasus Varian Baru Covid-19 Terdeteksi di Malaysia

Malaysia mencatat sembilan kasus varian baru Covid-19 dari Afrika Selatan, yang diyakini lebih berbahaya dan mudah menular. 

Malay Mail
ILUSTRASI Covid-19 di Malaysia - Foto oleh Firdaus Latif 

TRIBUNBATAM.id, KUALA LUMPUR - Malaysia mencatat sembilan kasus varian baru Covid-19 dari Afrika Selatan, yang diyakini lebih berbahaya dan mudah menular. 

Direktur Divisi Kesehatan Malaysia, Noor Hisyam Abdullah pada Jumat, (2/4/2021) menyatakan, itu merupakan kasus pertama varian baru Covid-19 yang diidentifikasi dari Afrika Selatan atau B.1.351. 

Varian baru Covid-19 B.1.351 ditemukan di kalangan warga lokal Malaysia, yang kasus penularannya terjadi sekitar Januari dan Maret. 

Dua dari total sembilan kasus yang ada dialami oleh pekerja dari sebuah perusahaan yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.  

"Akan tetapi, sulit untuk menentukan atau memverifikasi bagaimana B.1.351 menyebar atau menular ke para pekerja itu," kata Noor Hisham. 

Baca juga: Siapa Marwa Elselehdar? Sosok Perempuan yang Disalahkan dalam Kemacetan di Terusan Suez

Menurut Noor, analisis lebih lanjut mengindikasikan, bahwa sembilan kasus varian baru Covid-19 B.1.351 tersebut tampaknya berasal dari satu sumber yang sama. 

Sejumlah ahli mengatakan, bahwa varian baru Covid-19 B.1.351 bisa lebih kebal terhadap vaksin virus Corona yang ada, kendati Pfizer-BioNTech pada Kamis, (1/4/2021) menyatakan, bahwa vaksin mereka efektif melawan varian baru Covid-19.

Vaksinasi massal di Malaysia dilakukan pada Februari lalu. Negara tersebut menargetkan mampu memvaksinasi 80 persen dari total 32 juta jiwa masyarakat Malaysia dalam tempo setahun. 

Di Malaysia, ada lebih dari 340.000 kasus Covid-19. Dari jumlah tersebut, 1.278 pasien Covid-19 berakhir dengan kematian. (*) 

Simak berita terbaru lainnya di Google News




Baca juga: Arti Mimpi Menyapu Menurut Primbon Jawa, Pertanda Mendapat Masalah hingga Raih Cita-cita

Baca juga: UPDATE of Batam-Bintan Bridge Project, Ministry of PUPR: There are Already Investors who Interested

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 400 Miliar untuk Insentif UMKM, Pencairan 20 April 2021

Baca juga: Speed Boat Rombongan Bupati Buton Selatan Tenggelam, 2 Orang Tewas

Baca juga: Arti Kedutan di Jari Kelingking Kaki Kiri Menurut Primbon, Pertanda Mendapat Fitnah hingga Pujian

Penulis: Lia Sisvita Dinatri
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved