Breaking News:

RAMADHAN 2021

Kapan Ramadhan 2021? Kementerian Agama Batam Pantau Hilal di Pantai Tanjung Pinggir

Kementerian Agama Batam akan melakukan pemantauan hilal awal Ramadhan 1442 H Senin (12/4) di Pantai Tanjung Pinggir Batam

tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batam Zulkarnain Umar. Kapan Ramadhan 2021? Kementerian Agama Batam Pantau Hilal di Pantai Tanjung Pinggir 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam telah menentukan awal bulan suci Ramadhan 2021 akan dimulai pada Selasa (13/4/2021).

Itu setelah Kemenag menggelar rapat bersama tim Badan Hisab Rukyat Batam.

Tak hanya itu, Kemenag Batam melalui Badan Hisab dan Rukyat Batam juga telah mengeluarkan jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H untuk daerah Batam dan sekitarnya.

Meski begitu, Kepala Kemenag Batam Zulkarnain Umar mengatakan, untuk kepastian kapal 1 Ramadhan 1422 Hijriah dimulai, pihaknya akan melakukan pemantauan.

"Untuk memastikannya, tim Hisab Rukyat akan melalukan pemantauan hilal pada Senin (12/4/2021) sore hari di daerah Tanjung Pinggir, Sekupang," ujarnya, Senin (5/4/2021).

Ilustrasi pengamatan hilal
Ilustrasi pengamatan hilal ((KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI))

"Kita juga sudah melakukan persiapan rukyattul hilal dan sekaligus sidang isbat. Ada dua alat teropong yang kita gunakan," lanjut Zulkarnain.

Untuk memantau hilal anak bulan, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Badan Hisab Rukyat. Bahkan teropong bintang yang akan digunakan nantinya telah dilakukan uji coba di Kantor Kemenag Batam yang berada di Sekupang.

Ia menyebutkan persiapan matang akan dilakukan pihaknya.

"Habis waktu ashar kita akan ke lokasi di Tanjung Pinggir, nanti akan melibatkan beberapa elemen masyarakat. Ada dari MUI juga ormas lainnya," katanya.

Ia mengatakan, hasil pemantauan hilal nantinya akan diserahkan ke Kanwil Kemenag di Tanjungpinang. Kemudian akan dikirim kembali ke Kementerian Agama RI di Jakarta.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved