Breaking News:

BATAM TERKINI

KKP Tangkap 67 Kapal Illegal Fishing di Perairan Kepri Dalam 3 Bulan, Dominan Asal Vietnam?

Plt Dirjen PSDKP KKP RI, Antam Novambar menyebut dari 67 kapal ikan asing yang ditangkap, dominan kapal asal Vietnam yang menjarah di laut Natuna

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Dirjen PSDKP KKP didampingi Kajati Kepri dan Wakapolda Kepri menyampaikan konferensi pers hasil penangkapan kapal ikan asing selama triwulan 1 2021 di pangkalan PSDKP Jembatan II Barelang Batam, Senin (5/4/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berhasil mengamankan 67 kapal ikan, pelaku ilegal fhising di perairan Kepulauan Riau (Kepri), dalam kurun waktu tiga bulan.

Hal itu disampaikan Plt Direktorat Jenderal (Dirjen) PSDKP KKP RI, Antam Novambar saat menggelar konferensi pers penangkapan kapal ikan asing, pelaku illegal fishing di pangkalan PSDKP Batam, Setokok Jembatan II Barelang, Senin (5/3/2021) pagi.

Ia menyebutkan sebanyak 67 kapal ikan asing atau KIA illegal fishing yang berhasil diamankan itu merupakan tangkapan selama priode Januari-Maret dalam triwulan pertama tahun 2021.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari usaha keras para aparat penegak hukum khusus PSDKP Batam dalam melakukan pengawasan di seluruh perairan Kepri dan Indonesia," ujar Antam.

Plt Dirjen PSDKP KKP RI itu memberikan apresiasi kepada PSDKP Batam yang telah bekerja secara maksimal.

Selain itu, menurutnya tindakan tegas juga harus diberikan kepada para pelaku illegal fishing tersebut karena alat yang mereka gunakan sangat berbahaya.

"Trawl (alat tangkap ikan) itu sangat merusak. Habis terumbu karang dibuatnya. Sudah tidak ada izin, merusak lagi," tegasnya berang.

Dari 67 kapal tangkapan, PSDKP belum melakukan pemusnahan secara keseluruhan. Sebagian kapal masih dititip di dermaga pangkalan PSDKP Batam.

Kapal ikan asing yang ditangkap itu, lanjut Antam, lebih banyak kapal asing asal Vietnam yang menjarah ikan di perairan laut Natuna.

Untuk kerugian dari total tangkapan, sampai saat ini KKP belum menghitung secara rinci.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved