Breaking News:

Ingin Jadi Penulis Buku? Ini 4 Tips Jitu Menulis Dari Dosen Berprestasi se-Sumatera

Ada empat langkah jitu menulis buku dari Dosen Berprestasi se-Sumatera. Di antaranya menggali potensi diri, dan mengenali jenis buku

tribunbatam.id/istimewa
Kopi darat virtual para dosen di Kepri melalui Zoom, Selasa (6/4/2021) membahas soal tips mudah menulis buku. Ingin Jadi Penulis Buku? Ini 4 Tips Jitu Menulis Dari Dosen Berprestasi se-Sumatera 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Buku punya peran penting di dunia pendidikan sebagai jendela dunia. Namun sayang, tak sedikit dosen yang masih belum menulis buku. Entah karena belum mahir, kesibukan, atau alasan lainnya.

Menghadapi kesulitan tersebut, 750 Dosen dan Pimpinan Universitas se-Kepulauan Riau yang tergabung dalam Komunitas SEVIMA mengadakan Kopi Darat Virtual melalui Zoom pada Selasa (6/4/2021) siang.

Kegiatan ini menghadirkan Suryo Hartanto, Wakil Rektor Universitas Riau Kepulauan dan juga Juara Dosen Berprestasi se-Sumatera (LLDIKTI Wilayah 10).

Dari diskusi ini menelurkan empat langkah jitu menulis.

“Tips menulis buku, kita sepakati ada empat hal. Antara lain menggali potensi diri, mengenali jenis buku, mengerti sistematika penulisan, dan menjaga standar kelayakan buku,” ucap Suryo.

Baca juga: Link Pendaftaran Lomba Menulis Protokol Kesehatan Berhadiah Jutaan Rupiah

Baca juga: Buat Intro yang Menarik, Berikut Cara Menulis Essay Beasiswa Kuliah Bagi Calon Mahasiswa

Berikut tips menulis buku dari Dosen Berprestasi se-Sumatera:

1. Menggali Potensi Diri

Suryo Hartanto mengungkapkan, menulis sebuah buku tidaklah sulit. Menulis buku merupakan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tak dipungkiri, menulis sebuah buku juga bisa menjadi suatu mata pencaharian bagi seorang penulis.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti cara mudah menulis buku ajar ataupun buku referensi dengan tepat. Untuk itu, Suryo memberikan tips jitu yang bisa dilakukan saat menulis sebuah buku, terutama dalam menulis sebuah buku ajar.

Menurut Suryo, menggali potensi diri jadi tips yang pertama dan paling utama. Setiap menulis buku, seorang penulis harus menggali potensi diri mereka.

Halaman
123
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved