Breaking News:

PENGGEREBEKAN RUKO DI BATAM

Ini Pengakuan Pekerja yang Disekap di Sebuah Ruko Ciptaland Sekupang Batam, Kerja Tanpa Gaji?

Uswatun, seorang pekerja di Batam mengatakan, ia sudah 4 bulan bekerja di Batam. Namun ia tak pernah terima gaji. Nasib serupa dialami TKI lainnya

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Potret pekerja dalam sebuah ruko penampungan di kawasan Ciptaland Sekupang Batam, Selasa (6/4/2021). Ini Pengakuan pekerja yang Disekap di Sebuah Ruko Ciptaland Sekupang Batam, Kerja Tanpa Gaji? 

BATAM, TRIBUNNATAM.id - Sebanyak 39 pekerja diamankan aparat kepolisian bersama TNI di tempat penampungannya di Ruko Tiban Poin Blok A1 Nomor 8,9,10 dan 11, Selasa (6/4/2021) di kawasan Ciptaland Sekupang Batam.

Dari puluhan pekerja yang diamankan itu, beberapa di antaranya mengaku dipekerjakan tanpa upah.

Seperti penuturan Uswatun. Ia mengaku sudah empat bulan berada di tempat penampungan.

Wanita asal Lombok ini mengaku dijanjikan bekerja sebagai asisten rumah tangga di Batam dengan sistem kontrak per tahun. Namun selama itu pula ia tidak pernah terima gaji.

"Saya sudah 4 bulan bekerja di sini, namun tidak pernah terima gaji. Katanya karena alasan pemotongan uang makan, uang jaminan dan transportasi dari Lombok," ujar Uswatun dengan kondisi fisik yang lemas terkulai.

Ia melanjutkan, selama di penampungan ia juga tak diperbolehkan keluar atau pun berinteraksi dengan warga.

"Kami benar-benar disekap. Tempatnya juga tak layak. Saya mau pulang tapi tak diizinkan," ucap Uswatun berlinang air mata.

Uswatun mengatakan, jika ingin pulang ke kampung halaman, ia harus membayar Rp 2 juta untuk ongkos transportasi kepada pemilik penampungan.

Hal ini tentu saja tak mungkin dilakukan mengingat gajinya dipotong.

"Jadi mau tak mau harus di sini. Benar-benar tak layak, itu masih ada teman-teman saya di atas dalam kondisi sakit tapi terkesan dibiarkan," tambahnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved