Breaking News:

RAMADHAN 2021

Pantauan Hilal di Bukit Tanjung Pinggir Sekupang Batam Tertutup Awan

Tertutup awan, hilal tanda masuknya 1 Ramadhan 1422 Hijriah tak bisa terlihat di Batam yang dipantau dari Bukit Tanjung Pinggir Sekupang Batam

tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Tim hisab rukyat melakukan pemantauan hilal penentu awal Ramadhan 1422 Hijriah di Bukit Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Senin (12/4/2021). Pantauan Hilal di Bukit Tanjung Pinggir Sekupang Batam Tertutup Awan 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tim Rukyat Kota Batam bersama Kementerian Agama (Kemenag) Batam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam menyimpulkan, hilal untuk penentuan awal Ramadhan 1422 Hijriah tidak terlihat karena tertutup awan.

Kesimpulan itu setelah tim melakukan pengamatan hilal.

"Persiapan kita sudah oke semua, posisi hilal juga sudah di atas lima derajat. Namun tak bisa dilihat karena terhalang awan," ujar Tim Rukyat Kota Batam, Candra Yepi seusai memantau hilal di Bukit Tanjung Pinggir, Sekupang, Senin (12/4/2021).

Titik Bukit Tanjung Pinggir menjadi satu dari 86 titik di 34 provinsi di Indonesia yang dijadikan lokasi pemantauan hilal 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

"Di Batam matahari terbenam pukul 18.09 WIB. Tapi karena kondisinya banyak awan, kita tak bisa melihat posisi hilal," ucapnya.

Ia mengatakan, jika cuaca bagus hilal akan terlihat selama 6 menit setelah matahari terbenam. Akan tetapi karena matahari terhalang awan, posisi hilal menjadi tidak terlihat.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batam Zulkarnain Umar mengatakan, sesuai arah Dirjen Kemenag, pada hari ini dilaksanakan rukyatul hilal serentak di seluruh Indonesia. Di Batam dilaksanakan di Tanjung Pinggir.

"Alhamdulillah kita sudah laksanakan. Cuaca bagus namun karena awan tebal kita belum bisa melihat hilal," ujarnya.

Hasil pemantauan ini lanjut Zulkarnain, selanjutnya dilaporkan ke Kanwil Kemenag Provinsi Kepri untuk diteruskan ke pemerintah pusat.

"Hasil dari pemantauan inilah nantinya akan menjadi rujukan menteri agama untuk menetapkan 1 Ramadhan. Keputusan 1 Ramadhan akan diumumkan secara resmi oleh menteri agama malam ini di RRI dan TVRI," tambah Zulkarnain.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved