Breaking News:

KARIMUN TERKINI

RAMADHAN 2021 di Masjid Agung Karimun, Tak Ada Buka Puasa Bersama

Pandemi covid-19 membuat pelaksanaan ibadah Ramadhan 2021 di Masjid Agung Karimun berbeda. Apa yang membuatnya berbeda dibanding tahun lalu?

KEMENAG.GO.ID
RAMADHAN 2021 di Masjid Agung Karimun, Tak Ada Buka Puasa Bersama. Foto Masjid Agung Karimun. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.idRamadhan 2021 begitu terasa berbeda di Karimun.

Penyebabnya, tidak lain karena pandemi Covid-19 yang belum usai di Karimun.

Pelaksanaan ibadah di Masjid Agung Karimun salah satunya.

Berdasarkan surat edaran yang di keluarkan oleh Bupati Karimun tentang pelaksanaan ibadah ramadhan 1442 Hijriah.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Zulfan Batubara, menjelaskan, dalam melaksanakan beberapa kegiatan yang tak jauh berbeda di banding tahun sebelumnya.

Di antaranya tausiyah bada salat Subuh dan salat Dzuhur, dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat fardhu di ruang sholat utama dengan ustadz penceramah di Kabupaten Karimun yang beraqidah Ahlussunah Wal Jama’ah.

MASJID AGUNG KARIMUN - Pernah Raih Penghargaan, Inilah Sejarah dan Keunikan Arsitektur Masjid Agung Karimun. FOTO: BANGUNAN MASJID
MASJID AGUNG KARIMUN - Pernah Raih Penghargaan, Inilah Sejarah dan Keunikan Arsitektur Masjid Agung Karimun. FOTO: BANGUNAN MASJID (IST)

Selanjutnya tausiyah menjelang waktu berbuka atau qobla sholat fardhu Magrib, dilaksanakan di ruang sholat utama oleh ustadz penceramah dari berbagai elemen tokoh agama, pimpinan lembaga pemerintahan, pimpinan lembaga swasta dan ormas Islam di Kabupaten Karimun.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Qoriah terbaik Kabupaten Karimun menjelang waktu berbuka yang menjadi penanda dan keseragaman waktu berbuka puasa di wilayah Kabupaten Karimun.

Tausiyah menjelang sholat sunnah taraweh, dan sholat sunnah terawih berjamaah, dengan 20 rakaat dan sholat witir 3 rakaat.

“Untuk durasi waktu tausiyah juga berbeda, bada subuh, dzuhur dan shalat terawih hanya 12 menit. Sementara bada magrib paling lama 20 menit,” ucap Ustadz Zulfan.

Halaman
12
Penulis: Yeni Hartati
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved