Breaking News:

PELUANG USAHA

Cara Raup Untung dari Porang, Tak Sampai 2 Tahun Penghasilan Rp 3 Miliar

Tanaman porang menjadi idola baru. Berbagai kisah sukses petani porang bisa kita temukan. Mereka meraup untung hingga ratusan juta rupiah

surya/rahardian bagus p
Mujiono (56), petani dari Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun sukses membudidayakan porang. 

TRIBUNBATAM.id - Tanaman porang menjadi idola baru. Berbagai kisah sukses petani porang bisa kita temukan. Mereka meraup untung hingga ratusan juta rupiah.

Bahkan tanaman porang menjanjikan penghasilan lebih dari Rp 3 miliar dari lahan 1 hektare dalam waktu tak sampai dua tahun.

Terdengar fantastis. Namun begitulah faktanya. 

Idris Tampubolon, petani dan pakar porang dari Porang Sleman Boy, mengungkapkan hal itu saat ditemui di Forum Diskusi Porang di Pasar 12 Patumbak, Deli Serdang, Sumatra Utara, akhir pekan lalu. 

Pria kelahiran Kisaran, Sumatra Utara, dan besar di Samarinda, Kalimantan Timur, ini penuh antusias menjelaskan potensi ekonomi budidaya porang.  

"Saya sudah teliti itu di Sleman sampai tiga tahun dan pola itulah yang saya bawa ke Sumut. Dengan lahan satu hektare, katakanlah modal Rp 360 juta, bisa hasilkan Rp 3 miliar keuntungan bersih dalam dua musim (18 bulan)," ujar dia.

Baca juga: Dulu Tanaman Liar Kini Porang bak Emas Hijau, Mujiono Raup Untung Ratusan Juta Rupiah

BUDI DAYA TANAMAN PORANG

Cara dapat untung dari porang 

Idris menjelaskan, bagaimana cara mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 3 miliar dari mengolah lahan satu hektare dengan tanaman porang

Biaya pengolahan lahan sekitar Rp 72,6 juta, pemupukan dan perawatan Rp 45,6 juta, bibit dan upah tanam Rp 163 juta, panen Rp 28 juta, dan tenaga kerja Rp 48 juta. 

Dia mengatakan, pada musim pertama, hasilnya bisa mencapai Rp 300 juta.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved