Breaking News:

KESEHATAN

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita GERD, Mulailah dengan Tidak Melewatkan Makan Sahur

Pola makan turut berubah di bulan puasa, di mana orang menjadi lebih teratur dalam hal makan, di waktu sahur dan berbuka. Seluruh kebiasaan inilah ...

SEHAT
ILUSTRASI 

TRIBUNBATAM.id - Puasa merupakan tantangan besar bagi mereka yang menderita Gastroesophageal reflux disease (Gerd) atau penyakit asam lambung

Penyakit ini kian menjadi parah di saat penderitanya tidak mendapat asupan makanan dan minuman, serta obat-obatan untuk meringankan gejalanya. 

Namun, dengan cara yang tepat, penderita asam lambung tetap dapat berpuasa seharian penuh. 

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, disebutkan, puasa bisa mendatangkan manfaat bagi penderita Gerd

Dalam penelitian tersebut dilibatkan 130 orang didiagnosis mengidap Gerd. Dari jumlah tersebut, sebanyak 66 orang menjalani puasa, sedangkan 64 sisanya tidak. 

Hasilnya, pada penderita Gerd yang berpuasa mengaku merasakan keluhan yang lebih ringan ketimbang peserta yang tidak berpuasa. 

Gaya hidup dan pola makan turut berubah di bulan puasa, di mana orang menjadi lebih teratur dalam hal makan, di waktu sahur dan berbuka. 

Kebiasaan yang tidak sehat seperti mengonsumsi cemilan, merokok, dan stres memang berpotensi menurun di masa Ramadhan ini. 

Seluruh kebiasaan inilah yang pada akhirnya menurunkan risiko asam lambung yang naik. 

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung

Halaman
1234
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved