Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

THR PNS segera Cair, Badan Keuangan Daerah Anambas Tunggu PMK dan Perbup Anambas

Kepala BKD Anambas Azwandi menyebut, untuk pencairan THR bagi ASN, pihaknya sedang menunggu Peraturan Menteri Keuangan dan Perbup Anambas

tribunbatam.id/Rahma Tika
THR PNS segera Cair, Badan Keuangan Daerah Anambas Tunggu PMK dan Perbup Anambas. Foto Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Anambas, Azwandi. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dana Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) segera cair.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Airlangga, beberapa waktu lalu mengatakan, pencairan THR untuk ASN dilakukan bertahap mulai H-10 sampai H-5 Lebaran.

Di Anambas, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini sedang menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk pencairan THR.

Pencairan dana THR ini nantinya akan disalurkan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD).

"Nanti kalau sudah keluar (PMK), kita turunkan dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup). Setelah itu baru kita boleh bayar THR ini," ucap Kepala BKD Anambas, Azwandi kepada Tribun Batam, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: THR PNS hingga TNI/Polri Cair Mulai H-10 Lebaran 2021

Baca juga: Pemerintah Minta ASN Sabar, THR Baru Cair Sepuluh Hari Jelang Lebaran

Untuk angggarannya, THR ini menggunakan anggaran yang tersedia. Meski begitu, Azwandi belum mengetahui detail teknisnya.

"Kalau tahun kemarin hanya eselon III ke bawah (yang dapat THR), eselon II tidak boleh. Kalau tahun ini tidak tahu apakah sama atau tidak, kita tunggu nanti penjelasannya apa," terangnya.

Sedangkan untuk non PNS seperti Pegawai Tidak Tetap (PTT), BKD saat ini tidak memiliki kewenangan menyusun, karena itu kebijakan daerah. Adapun yang menyusun nantinya tim dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

"Yang jelas penganggarannya sudah kami anggarkan itu satu orang Rp 1 juta, tapi saya juga tidak tahu.
Jangan sampai seluruh PTT yang bekerja di bawah satu tahun nanti ngotot mau dapat, seperti yang baru kerja 2 bulan atau 3 bulan saya tidak tahu apakah dapat.

Itu tergantung peraturan di dalam Perbup, bisa jadi 1 tahun ke atas yang dapat," tuturnya.

Sekadar informasi, anggaran gaji PNS dalam sebulan yang dikucurkan lebih kurang Rp 7 miliar, jika ditambah dengan pemberian THR, maka angggaran yang sudah disiapkan sebanyak Rp 11 miliar, dan total gaji dengan THR mencapai Rp 18 miliar.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Anambas

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved