Breaking News:

Partai Ummat Bisa Geser PAN & PKB, Sosok Tokoh Sentral Amien Rais Menurut Pengamat Masih Berpengaruh

Potensi juga konstituen atau pemilih dua partai tersebut sangat mungkin sebagian berpindah ke Partai Ummat.

Editor:
Istimewa/Tangkapan layar youtube Amien Rais Official
Deklarasi Partai Ummat yang ditayangkan di channel youtube Amien Rais Official 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Partai Ummat yang didirikan Amirn Rais cs, tengah menjadi buah bibir masyarakat Indonesia.

Khususnya mereka yang hobi membahas politik di kedai kopi. 

Pengamat politik Universitas Paramadina dan pendiri lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, berpendapat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB) dinilai akan terdampak terhadap keberadaan Partai Ummat.

Pengamat Ungkap Kemunculan Partai Ummat, Diprediksi Akan Alami Ini di 2024

Atau barangkali, potensi juga konstituen atau pemilih dua partai tersebut sangat mungkin sebagian berpindah ke Partai Ummat.

"Karena sifat konstituen partai politik ( parpol) masih lihat tokoh, maka rebutannya dari konstituen Amien Rais. Jadi konstituen PAN yang selama ini memilih karena Amien Rais bisa saja pindah ke Partai Ummat," jelas Hendri pada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Selain itu kata Hendri, pemilih PBB mungkin berpindah sebagian ke Partai Ummat karena mantan Ketua Umumnya MS Kabban bergabung ke parpol yang dipimpin menantu Amien Rais itu.

Biodata Tasniem Rais, Istri Ketum Partai Ummat Sekaligus Putri Amien Rais yang Berprestasi

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais (Disclaimer : Foto saat aktif di PAN
Ketua Majelis Pertimbangan Partai Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais (Disclaimer : Foto saat aktif di PAN (TRIBUNNEWS.COM/DANI PERMANA)

"Malah justru saya lihat PBB juga akan terdampak, konsitutennya pindah ke Partai Ummat karena ada MS Kabban disana," kata dia.

Hendri menyebut, Partai Ummat tidak akan fokus pada kontestasi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2024 mendatang.

Ia menduga, fokus Partai Ummat adalah bisa lolos dalam pemilu 2024 dan menguasai parlemen di daerah.

Neno Warisman dan Buni Yani Merapat ke Partai Ummat: Ini Harapan Saya yang Terakhir

"Dengan lolos sebagai peserta pemilu minimal mereka bisa mendapatkan kursi-kursi DPRD di daerah yang memang tingkat keterpilihan Amien Rais-nya tinggi, seperti Yogyakarta misalnya, ada kemungkinan Partai Ummat dapat kursi DPRD disana," tutur Hendri.

Ia menyebut , nantinya meski tidak lolos di perebutan kursi parlemen Senayan, Partai Ummat sangat mungkin untuk mendapatkan banyak kursi di parlemen tingkat daerah.

"Pergerakan Partai Ummat ini memang harus bertahap. Sama seperti PSI pada 2019 kemarin, meski tidak mendapatkan kursi di Parlemen dia dapat kursi di daerah-daerah. Jadi Partai Ummat sangat mumpuni juga untuk meraih tujuan itu," sebut Hendri.

4 Mantan Tokoh PAN Resmi Pindah, Ikut Jejak Amien Rais Besarkan Nama Partai Ummat

Berdirinya Partai Ummat dideklarasikan Amien Rais di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021) pekan lalu.

Menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi dipilih memimpin parpol tersebut dengan menjadi Ketua Umum.

SOSOK - Inilah Biodata Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi, Mantu Amien Rais Berprestasi tapi Disindir. FOTO: RIDHO RAHMADI
SOSOK - Inilah Biodata Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi, Mantu Amien Rais Berprestasi tapi Disindir. FOTO: RIDHO RAHMADI (ISTIMEWA)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved