Breaking News:

BATAM TERKINI

Proyek Fisik di Batam Kembali Dilanjutkan, 20 Proyek Pemko Selesai Lelang dan Mulai Dikerjakan

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Batam, Yumasrnur menyebut ada 20 proyek fisik selesai lelang dan mulai dikerjakan sejak April lalu

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/Ian Sitanggang
Proyek Fisik di Batam Kembali Dilanjutkan, 20 Proyek Pemko Selesai Lelang dan Mulai Dikerjakan. Foto Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur, beberapa waktu lalu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur mengatakan, proyek fisik di Pemerintah Kota atau Pemko Batam sudah mulai dikerjakan.

Beberapa alat berat juga sudah diturunkan ke ruas jalan yang akan dilebarkan pada 2021, tahun ini.

"April lalu baru mulai kerja. Untuk presentasenya masih belum bisa dihitung, karena masih baru mulai," ujar Yumasnur, Kamis (6/5/2021).

Sebanyak 20 proyek sudah selesai dilelang, dan masuk tahap pengerjaan. Beberapa pengerjaan yang sudah dimulai di antaranya, Simpang Tembesi, Simpang Basecamp, pengerjaan lanjutan dari Simpang Kara menuju Simpang Frengky, dan berbagai proyek lainnya.

Selain mengejar pengerjaan proyek infrastruktur, pihaknya juga terus melakukan normalisasi di drainase yang menjadi titik-titik banjir.

Baca juga: BP Batam Tingkatkan Infrastruktur Jalan Depan Southlink, Perkiraan Makan Waktu 8 Bulan

Alat berat saat ini juga diturunkan untuk mengangkat sedimentasi yang menghambat aliran air.

Normalisasi ini akan membuat daya tampung air lebih besar, sehingga bisa meminimalisir terjadinya banjir akibat meningkatnya volume air.

”Normalisasi penting juga, untuk antisipasi banjir. Jadi di tengah pengerjaan proyek fisik semua alat berat juga kami kerahkan untuk membersihkan aliran air," sebutnya.

Yumasnur menambahkan, belum semua proyek yang belum selesai dilanjutkan tahun ini, seperti proyek pelebaran jalan di Tiban Center menuju Mentarau. Proyek multy years tersebut harusnya dilanjutkan tahun lalu dan sekarang.

"Memang belum semua bisa kami lanjutkan pengerjaannya. Proyek yang dilanjutkan berdasarkan skala prioritas. Karena tergantung ketersediaan anggaran juga," katanya.

Target November 2021

Sementara itu, sejumlah proyek fisik di Batam ditargetkan selesai pada November 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi.

”Saya tekankan kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada proyek fisik agar mengawasi dan memastikan proyek ini berjalan tanpa kendala," kata Rudi, Kamis (6/5/2021).

Ia mengakui, saat ini beberapa proyek yang sudah selesai lelang, masuk tahap pengerjaan. Meskipun di tengah pandemi, pengerjaan proyek harus tetap berjalan.

Melalui pengerjaan ini diharapkan bisa menjadi lapangan kerja bagi mereka yang sekarang tidak memiliki pekerjaan. Berbagai proyek mulai dari yang dikerjakan Pemerintah Kota dan BP Batam sudah dikerjakan.

Rudi berharap proyek ini bisa selesai tepat waktu.

”Masih ada beberapa bulan ke depan. Semoga tak ada kendala, dan cuaca juga mendukung, sehingga tidak ada masalah,” katanya.

(tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved