Breaking News:

SPEEDBOAT BPBD LINGGA TERBAKAR

Kronologi Terbakarnya Speedboat BPBD Lingga, Percikan Api Muncul Dari Bagian Mesin

Jamalul Pawais, staf BPBD Lingga yang juga korban menuturkan, ia melihat percikan api di bagian belakang mesin speedboat dalam perjalanan dari Batam

tribunbatam.id/istimewa
Bangkai kapal speedboat milik BPBD Lingga yang berhasil dipadamkan di Kampung Tanjung Dua, Desa Selayar, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Rabu (19/5/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Penyebab terbakarnya speedboat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga di perairan Tanjung Dua, Desa Selayar, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Rabu (19/5/2021) lalu mulai terungkap.

Dari informasi yang dihimpun Tribunbatam.id, di tengah perjalanan dari Batam ke Dabo Singkep, mesin speedboat tiba-tiba mengalami konsleting listrik kabel dari accu. Itu persisnya pada koordinat 00°13.626 S - 104°22.515 E, atau saat speedboat berada di Perairan Pulon ke arah Tanjung Datuk.

Konsleting ini menimbulkan kebakaran dan api tidak dapat dipadamkan. Kemudian ABK kapal meminta tolong kepada masyarakat nelayan setempat di Tanjung Dua.

Sementara itu, Jamalul Pawais, staf BPBD Lingga yang juga korban dalam insiden ini menuturkan, ia melihat percikan api di bagian belakang mesin speedboat dalam perjalanan pulang dari Batam.

"Seketika itu api langsung membesar, dan kami pun menyelamatkan diri dengan memakai baju renang terjun ke air," jelasnya, Kamis (20/5/2021).

Speedboat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga terbakar, Rabu (19/5/2021)
Speedboat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga terbakar, Rabu (19/5/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

Ia melanjutkan, beruntungnya saat kejadian para nelayan Tanjung Dua yang berada di laut melihat dan segera membantu mereka.

"Alhamdulillah kami semua selamat," ucap Pawais.

Menurut saksi, Roni, nelayan Kampung Tanjung Dua Desa Selayar mengatakan, sekira pukul 07.30 WIB ia melihat kepulan asap di tengah laut, tepatnya di depan Kampung Tanjung Dua.

“Karena rasa ingin tahu ada apa yang terjadi, lalu saya mendekati ke sumber asap. Setelah mendekat ke sumber asap ternyata ada kebakaran kapal speed BPBD,” tuturnya.

Selanjutnya, Roni meminta bantuan dari masyarakat setempat.

Halaman
1234
Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved