Breaking News:

Hari Lahir Pancasila, Pengurus PA GMNI Kepri Minta Kader Terapkan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Provinsi Kepri memperingati Hari Pancasila 1 Juni 2021

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
Ketua PA GMNI Kepri, Thomas Arihta Sembiring 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tepat hari ini, 1 Juni 2021, bangsa Indonesia memperingati Hari Pancasila.

Peringatan sendiri umumnya dirayakan dengan menggelar upacara. Akan tetapi, di tengah pandemi Covid-19, perayaan Hari Pancasila pun terpaksa dibatasi.

Kondisi ini pun tak membuat para pengurus Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Provinsi Kepri berkecil hati.

Ketua PA GMNI Kepri periode 2021-2026, Thomas Arihta Sembiring meyakini, Hari Pancasila menjadi momentum kebangkitan bagi masyarakat Indonesia. Apalagi di tengah kondisi serba sulit saat ini.

"Pancasila sebagai bintang penuntun. Bangsa ini sangat bersyukur dan patut berterima kasih dengan kehadiran Bung Karno sebagai penggali Pancasila," jelasnya kepada TRIBUNBATAM.id.

Selain itu, Thomas menegaskan jika Pancasila lahir sebagai bintang yang bercahaya terus menerus tanpa pernah redup guna menerangi bangsa Indonesia.

Pancasila juga hadir sebagai penuntun bangsa ini berjalan dalam kegelapan menuju arah yang jelas.

"Pancasila adalah wujud dari cita-cita Proklamasi Indonesia. Suatu saat akan tiba masanya kita sampai pada tujuan yang ingin dicapai. Dimana, tempat tersebut berada di seberang Jembatan Emas, demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris PA GMNI Kepri, Dr. Rina Dwi Lestari, S.IP, M.Si mengatakan hal senada.

Sekretaris PA GMNI Kepri, Dr. Rina Dwi Lestari, S.IP, M.Si
Sekretaris PA GMNI Kepri, Dr. Rina Dwi Lestari, S.IP, M.Si (Ist)

"Ketika mengakui sebagai warga negara Republik Indonesia, di situ kita diberi kehidupan di tanah air yang bernama Indonesia yang penuh dengan kekayaan alam dan kekayaan nilai luhur. Sehingga kita tumbuh sebagai bangsa yang dapat menyatukan keanekaragaman kedaerahan kita. Maka, suatu rahmat Allah SWT bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yakni Pancasila sebagai konsensus final, penuntun bangsa Indonesia dalam hidup sebagai bangsa dan negara yang berdaulat di muka bumi ini," tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved