Breaking News:

LINGGA TERKINI

Tes GeNose Mulai Diterapkan di Pelabuhan Jagoh Lingga Besok, Minggu 13 Juni 2021

Kepala Dinas Kesehatan Lingga, Mulkan Azima menyebut untuk tahap awal tes GeNose akan diterapkan di Pelabuhan Jagoh mulai besok, Minggu (13/6)

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Febriyuanda
Tes GeNose Mulai Diterapkan di Pelabuhan Jagoh Lingga Besok, Minggu 13 Juni 2021. Foto suasana arus balik penumpang di Pelabuhan Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Lingga akan menerapkan pemeriksaan tes GeNose di setiap pelabuhan.

Pemeriksaan GeNose itu untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dari calon penumpang yang akan melakukan perjalanan.

Kepala Dinas Kesehatan Lingga, Mulkan Azima mengatakan, penerapan GeNose tersebut sudah direncanakan sejak dua pekan terakhir, bahkan satu bulan yang lalu. Namun baru sekarang bisa terealisasi.

"Jadi mulai besok, 13 Juni di pelabuhan sudah ada. Namun sementara di Pelabuhan Jagoh saja dulu. Sementara Sungai Tenam dan Tanjung Buton nanti," jelas Mulkan Azima, Sabtu (12/6/2021).

Ia melanjutkan, terkait pelaksanaan tes GeNose pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres, KKP, dan dinas terkait. Tinggal melakukan sosialisasi.

Baca juga: Biaya Tes GeNose di Kepri Jadi Rp 30 Ribu, Berlaku di 7 Pelabuhan Mulai 10 Juni 2021

Baca juga: Perketat Pintu Masuk ke Lingga, Tim Gabungan Pantau Kepadatan Penumpang di Pelabuhan Jagoh

Ia mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak termasuk pihak swasta yang telah ikut andil dalam pengadaan GeNose di Pelabuhan Domestik dan Pelabuhan RoRo di Jagoh, Kecamatan Singkep Barat itu.

Lebih lanjut, Mulkan mengatakan bagi calon penumpang yang berdomisili di Dabo Singkep dan ingin mendapatkan hasil GeNose lebih cepat tanpa mengantre, bisa melakukan test GeNose pada sore atau malam hari sebelum keberangkatan di pagi harinya.

"Kalau tak mau antre pagi-pagi di pelabuhan, bisa tes GeNose di Singkep Farmasi untuk yang di Dabo," tambahnya.

Mulkan menjelaskan, adapun biaya tes GeNose tahap awal di Pelabuhan Jagoh ini yakni sebesar Rp 50 ribu.

Namun seiring berjalannya waktu, 2 hingga 3 bulan ke depan akan dievaluasi kembali.

"Karena ini bukan pengadaan pemerintah, ini swasta. Petugas dari mereka, modal dari mereka, hanya saja mereka beroperasi di pelabuhan sesuai keinginan pemerintah," terangnya.

Sementara itu, terkait syarat sebelumnya yang menggunakan surat kesehatan, Mulkan menyebut akan berkoordinasi dengan Sekda Lingga untuk melakukan perubahan terhadap surat edaran tersebut.

"Surat sehat itu masih berlaku karena kita dulu belum ada alat GeNose atau PCR. Sekarang sudah ada GeNose jadi akan segera dikoordinasikan terkait pemberlakuannya agar bisa diubah," jelasnya.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Lingga

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved