Breaking News:

PPDB 2021

PPDB 2021 Bintan, Disdik Ungkap Empat Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru

PPDB 2021 Bintan bakal dibuka mulai 21 Juni hingga 2 Juli 2021. Disdik pun mengumumkan empat jalur yang bisa digunakan. Apa saja?

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 5 Bintan. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2021 jenjang TK, SD dan SMP di Kabupaten Bintan dimulai mulai 21 Juni sampai 2 Juli 2021.

Adapun persyaratan umum yang harus dipersiapkan calon siswa baru baik TK, SD dan SMP, yakni persyaratan untuk taman kanak-kanak (TK).

Kelompok A, barisan 5 tahun atau paling rendah 4 tahun. Kelompok B, berusia 6 tahun atau paling rendah 5 tahun.

Selanjutnya, persyaratan umum untuk calon siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) berusia harus berusia 7 tahun per-1 Juli 2021, fotokopi akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang di keluarkan oleh pihak yang berwenang.

Berikutnya, rekomendasi tertulis dari psikolog profesional bagi calon peserta didik yang berusia 6 tahun dan paling rendah 5 tahun enam bulan pada tanggal 1 Juli tahun 2021, dan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga.

Kepsek SMPN 5 Bintan, Elnui tengah memantau PPDB di sekolahnya. Foto diambil beberapa waktu lalu sebelum pandemi covid-19.
Kepsek SMPN 5 Bintan, Elnui tengah memantau PPDB di sekolahnya. Foto diambil beberapa waktu lalu sebelum pandemi covid-19. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

Sementara itu untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, usia maksimal 15 tahun sederajat, fotokopi akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang di keluarkan oleh pihak yang berwenang, melampirkan fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi Ijazah dan/ atau surat keterangan lulus.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan,Tamsir menuturkan, bahwa pada PPDB tahun 2021 ada empat jalur PPDB.

Di antara jalur Zonasi untuk tingkat SD berdasarkan zonasi Desa/Kelurahan.

Sedangkan untuk tingkat SMP berdasarkan radius 6 Km dari SMP yang di tuju yang menggunakan titik kordinat tempat tinggal.

Selanjutnya, untuk jalur Afirmasi ditujukan untuk calon siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu dan anak penyandang di sabilitas mendapatkan pendidikan berkualitas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved