Breaking News:

INFO CUACA

Warning BMKG, Gelombang Tinggi Capai 2,5 M di Perairan Utara dan Selatan Anambas

BMKG Tarempa mengingatkan pengguna transportasi laut agar waspada terhadap potensi gelombang tinggi di perairan Anambas mulai 13-15 Juli 2021.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
DOK TRIBUNWOW
Warning BMKG, Gelombang Tinggi Capai 2,5 M di Perairan Utara dan Selatan Anambas. Ilustrasi Info Cuaca 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tarempa mengingatkan pengguna transportasi laut agar waspada terhadap potensi hujan dan gelombang tinggi.

Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir menyebut, tinggi gelombang di perairan Utara Anambas dan Selatan Anambas saat ini 2,5 meter.

"Waspada potensi hujan dan kilat serta angin kencang. Kemudian gelombang tinggi yang dapat terjadi di wilayah perairan Utara dan Selatan Kepulauan Anambas," ucap Kepala BMKG Kelas III Tarempa, Sirajul Munir, Selasa (13/7/2021).

Ia melanjutkan, potensi peringatan dini gelombang tinggi ini diprakirakan akan terjadi dari tanggal 13-15 Juli 2021.

Sebab adanya sirkulasi udara di Samudera Hindia Barat, pola angin dominan bergerak dari tenggara - barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-35 Knot, sedangkan bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 Knot.

Baca juga: Info Cuaca Tanjungpinang dan Bintan Hari Ini, Selasa 13 Juli 2021 hingga Lusa

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Karimata, laut Natuna, perairan Anambas, Natuna, laut Natuna Utara.

Sementara itu, cuaca di wilayah Kepulauan Anambas hari ini diprediksi akan diguyur hujan pada pagi dan sore hari, dengan suhu udara saat ini 24-30 derajat celsius, kelembapan udara 75-95 persen, dan kecepatan angin 50 kilometer per jam.

Cuaca di Kepri

Sementara itu, kondisi cuaca di Kepulauan Riau (Kepri) pada Selasa, 13 Juli 2021 secara umum diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, hingga sedang yang dapat disertai petir, dan angin kencang.

Hal itu disampaikan Forecaster on duty BMKG Batam, Noah Ginting.

"Kelembapan udara lapisan atas yang cukup basah mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di beberapa wilayah Kepri," sebutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved