Breaking News:

IDUL ADHA

Jelang Idul Adha 1442 H, Stok Sembako di Natuna Aman, Tak Terdampak PPKM Mikro

Disperindagkop Natuna menjamin stok sembako di Natuna aman jelang Idul Adha hingga beberapa bulan ke depan.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Jelang Idul Adha 1442 H, Stok Sembako di Natuna Aman, Tak Terdampak PPKM Mikro. Foto Plt Sekretaris Disperindagkop Natuna, Ahmad Lianda saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kantor Disperindagkop Natuna, Kamis (15/7/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Jelang Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop) Kabupaten Natuna, menjamin ketersediaan bahan pokok, meskipun sedang diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Diketahui, Hari Raya Idul Adha 1442 H tinggal hitungan jari. Biasanya kebutuhan pokok masyarakat meningkat drastis saat hari besar keagamaan seperti Idul Adha, Idul Fitri dan hari besar lainnya.

Plt Sekretaris Disperindagkop Natuna, Ahmad Lianda mengatakan, untuk stok bahan pangan tidak ada persoalan. Dalam artian masih aman.

"Hari Raya Idul Adha kali ini dalam keadaan PPKM berbasis mikro, maka harus dipastikan semua stok bahan pokok tersedia," ujar Ahmad Lianda saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/7/2021).

Ahmad menambahkan, stok sembako di Natuna tidak berdampak dengan pemberlakuan PPKM. Stok aman sampai tiga bulan ke depan.

Baca juga: PPKM Darurat di Batam Stok Sembako Aman, Amsakar Achmad: Tak Perlu Panic Buying

Baca juga: Jelang Idul Adha, Stok Cabai Merah di Pasar Inpres Tarempa Anambas Kosong

"Untuk beras, daging, bawang, telur, gula, tepung terigu dan komoditas lainnya berdasarkan informasi dari distributor cukup memenuhi permintaan," bebernya.

Adapun harga sejumlah komoditi bahan pokok dinilai masih stabil. Contohnya harga daging sapi berkisar Rp 140 ribu sampai 150 ribu per kilogram, gula pasir berkisar Rp 12 Ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram.

Kemudian bawang merah Rp 33 ribu per kilogram, bawang putih Rp 31 ribu per kilogram, daging ayam ras atau pedaging Rp 38 ribu sampai 40 ribu per kilogram.

Sementara itu untuk cabai dari segi harga dinilai fluktuatif. Saat ini harga cabai merah panjang per kilogram dibanderol Rp 90 ribu, cabai hijau panjang Rp 80 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 70 ribu dan cabai kering Rp 70 ribu per kilogramnya.

Menurut Ahmad, hal ini diakibatkan cuaca ekstrem di Natuna. Kapal laut yang biasanya membawa barang sembako bisa sampai 2 kali dalam sebulan, kini mengurangi jumlah kedatangannya gegara cuaca ekstrem.

"Akhirnya kalau cabai sendiri didatangkan menggunakan pesawat terbang, harganya pun jadi sedikit mahal," jelasnya.

Meski begitu, pihak Disperindagkop Natuna menjamin ketersediaan bahan pokok masyarakat.

"Alhamdulillah aman semua. Kami bisa tenang karena tidak ada kendala soal stok kebutuhan dan pasokan dari daerah yang termasuk PPKM darurat seperti Tanjungpinang, Pontianak," tutupnya. (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved