Breaking News:

Cuaca Ekstrem Berpotensi Picu Awan Cumolonimbus, Maskapai Penerbangan Harus Waspada

Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan, ini juga akan berpengaruh terhadap potensi awan cumulonimbus

pixabay.com
Ilustrasi awan cumulonimbus. Awan cumulonimbus adalah awan yang mengandung banyak air dan petir, menyebabkan hujan deras dan bisa memicu angin puting beliung hingga tornado. 

TRIBUNBATAM.id - Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan, ini juga akan berpengaruh terhadap potensi awan cumulonimbus (Cb) yang bisa berbahaya bagi maskapai penerbangan

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (16/7/2021). 

Berdasarkan analisis dan prediksi BMKG, saat ini secara umum masih berpotensi tinggi terjadinya pembentukan awan-awan CB yang dapat membahayakan penerbangan. 

"Potensi pertumbuhan awan CB di wilayah udara Indonesia dengan presentase cakupan spasial maksimum antara 50-70 persen (OCNL/Occasional selama 7 hari ke depan," kata Guswanto. 

Guswanto menyebutkan, pembentukan awan-awan CB tersebut terutama berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut; 

- Sebagian Bengkulu

- Sebagian Lampung

- Sebagian Banten

- Sebagian Jawa Barat

- Sebagian Kalimantan Utara

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved